Bupati Malang Sumbang Benih Padi Saat Tinjau Panen Raya

Bupati Malang, HM.Sanusi saat Memberikan Sumbangan Beni Padi/RMOLJatim
Bupati Malang, HM.Sanusi saat Memberikan Sumbangan Beni Padi/RMOLJatim

Meninjau panen raya sekaligus menghadiri Deklarasi Komunitas Estate Padi Kanigoro Jaya Makmur yang bertempat di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran. Bupati Malang, HM. Sanusi juga menyumbangkan beberapa macam benih padi. Diantaranya, benih padi M70D, benih padi Ciherang dan benih padi Inpari 42.


Dalam kegiatan itu, Sanusi juga menyampaikan apresiasi terhadap beberapa pihak. Pasalnya panen raya di Desa tersebut mengalami peningkatan produksi sangat signifikan.

"Alhamdulillah panen raya kali ini mengalami peningkatan produksi panen padi. Terima kasih kepada IPB, Dinas Tanaman Pangan, Hortilkultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang, serta University British Columbia Canada  yang telah menjalin kerjasama," kata Sanusi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (28/4).

"Kami pun berharap, peningkatan panen padi untuk tahun depan dapat mencapai 15 ton/hektar. Yang mana tahun ini telah mencapai 12 ton/hektar," sambungnya.

Tak hanya itu, Sanusi juga menekankan terhadap Dinas Tanaman Pangan, Hortilkultura, dan Perkebunan dapat memfasilitasi dan memberikan bantuan pupuk, supaya nantinya peningkatan hasil panen padi Desa Kanigoro dapat dijadikan percontohan.

Lebih jauh, Sanusi juga menyebut, bahwa Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi tinggi untuk pengembangan sektor pertanian.

Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan, Hortilkultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang serta Badan Pusat Statistik tahun 2021, Luas lahan baku sawah di Kabupaten Malang mencapai 45.888 hektar dan telah menyerap tenaga kerja sebanyak 453.819 jiwa atau sebesar 32,34 persen dari jumlah total angkatan kerja. 

"Artinya, dari besaran itu, potensi dan penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian di Kabupaten Malang merupakan salah satu penopang utama perekonomian, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tandas Bupati Sanusi.