Komitmen Kelola CSR, Pelindo III Terima Penghargaan TOP CSR AWARD 2021  

Penyerahan bantuan APD beberapa waktu lalu/Dok Hms
Penyerahan bantuan APD beberapa waktu lalu/Dok Hms

Komitmen dalam upaya penanggulangan Covid-19 melalui program tanggungjawab sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memperoleh apresiasi dari Majalah Top Business. 


Melalui ajang TOP CSR Awards 2021, Pelindo III dinobatkan sebagai perusahaan bintang 4 dalam pengelolaan CSR atau TOP CSR Awards 2021 # Star 4. Tak hanya itu, Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto juga ditetapkan sebagai TOP LEADER ON CSR COMMITMENT 2021.

VP Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu menyebut penghargaan yang diperoleh merupakan bentuk apresiasi atas pengelolaan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan perseroan. 

Serangkaian program tanggungjawab sosial dan lingkungan dijalankan oleh Pelindo III  secara rutin. Enam program utama meliputi bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan dan/atau pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan/atau prasarana umum, sarana ibadah, dan pelestarian alam dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan.

“Sudah menjadi kewajiban kami sebagai BUMN untuk ikut dalam peningkatan nilai ekonomi dan dan sosial untuk masyarakat, khususnya bagi mereka yang ada dalam area terdekat dengan perusahaan,” jelas Suryo, Selasa (4/5).

CSR Pelindo III tidak hanya sebatas pada pemberian bantuan atau hibah, melainkan juga dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pinjaman modal usaha. 

Perseroan memiliki mitra binaan yang tersebar di tujuh provinsi yang menjadi wilayah kerja dengan beragam jenis usaha. Data Pelindo III menyebutkan setidaknya ada 2.500 UMKM yang menjadi mitra binaan perusahaan.

“Kepedulian perusahaan melalui program tanggungjawab sosial dan lingkungan merupakan wujud dari komitmen manajemen Pelindo III untuk turut membangun dan mengembangkan kehidupan masyarakat,” lanjutnya.

Kepedulian lain ditunjukkan dalam upaya penanganan Covid-19 yang secara khusus pada tahun 2020, Pelindo III mengalokasikan 56% anggaran CSR untuk bantuan terkait Covid-19. 

Bantuan yang disalurkan seperti pembangunan dan peralatan laboratorium PCR, alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan, peralatan cuci tangan, pembagian ribuan masker, pembagian sembako, bantuan mobil ambulance, dan beberapa perlengkapan lainnya.

“Saat ini Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi, penting bagi kami untuk menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar untuk keberlangsungan usaha perusahaan, CSR merupakan salah satu cara kami untuk tetap dekat dengan masyarakat yang ada di wilayah kerja perusahaan,” pungkas Suryo.

TOP CSR Awards sendiri merupakan ajang penghargaan yang digelar oleh Majalah TopBusiness bekerja sama dengan beberapa konsultan CSR, asosiasi bisnis, dan asosiasi CSR, serta didukung oleh asosiasi wartawan CSR Indonesia dan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang dinilai sukses dalam beberapa aspek sebagai kriteria penilaian terhadap program CSR perusahaan, diantaranya tingkat keselarasan CSR dengan strategi bisnis dan penerapan CSV (Creating Shared Value), penerapan program CSR di masa pandemi Covid-19, dan sejauh mana CSR perusahaan sudah mengadopsi CSR terhadap ISO 26000 serta menerapkan Kebijakan dan Sistem Tata Kelola CSR.