Gresik Dapat Jatah 2.272 di Seleksi CPNS dan PPPK

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik, Nadlif/RMOLJatim
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik, Nadlif/RMOLJatim

Jumlah formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) Kabupaten Gresik 2021 akhirnya memperoleh kepastian. 


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI memberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, mendapatkan jatah formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) tahun 2021 sebanyak 2.272.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik, Nadlif, setelah pihaknya memperoleh kepastian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

"Masyarakat bisa bersiap-siap mendaftar untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK 2021, dengan rincian yang dibutuhkan adalah 440 formasi CPNS dan 1832 formasi PPPK,” ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (21/5).

Jumlah tersebut, menurut Nadlif lebih banyak dari yang perkiraan pihaknya. Sebab, sebelumnya Gresik ditaksir hanya mendapat 1.600 formasi. Itu pun jumlah gabungan CPNS dan PPPK. Namun, dengan kepastian 2.272 formasi, artinya peluang masyarakat semakin terbuka lebar untuk ikut seleksi.

“Seleksi PPPK tahun ini terbuka untuk umum, tidak seperti tahun lalu yang bisa mengikuti khusus tenaga honorer. Sedangkan untuk tenaga pendidik, tidak bisa ikut seleksi CPNS. Tetapi bisa lewat seleksi PPPK,” tuturnya.

Di lingkungan Pemkab Gresik sendiri, masih ada banyak pegawai yang belum berstatus PNS ataupun PPPK. Padahal sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai PPPK. 

"Pemerintah secara keseluruhan, bakal menghabiskan status honorer bagi pegawai. Sehingga diperkiraan dalam waktu lima tahun kedepan, nantinya pegawai pemerintahan hanya ada PNS dan PPPK saja," paparnya.

Ditanya kapan pembukaan pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2021 akan dimulai, Nadlif menjelaskan sesuai dengan scedule akan dilaksanakan pada akhir Mei 2021. 

"Pendaftaran akan dibuka secara serentak diseluruh Indonesia, melalui online yang akan disediakan panitia penyelenggara seleksi," imbaunya. 

"Tahun 2020 lalu, seleksi CPNS dan PPPK tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19. Namun, 2021 ini seleksi kembali digelar dengan jumlah formasi yang lebih banyak tentu ini kesempatan baik bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti," pungkasnya.