Hari Ini Ribuan Santri Dijadwalkan Kembali Ke Ponpes Lirboyo, Begini Pengaturan Polisi Agar Tidak Terjadi Kerumunan

Apel pengaturan dan pengamanan kedatangan ribuan santri Ponpes Lirboyo/RMOLJatim
Apel pengaturan dan pengamanan kedatangan ribuan santri Ponpes Lirboyo/RMOLJatim

Usai libur lebaran 1442 H/2021, sebanyak empat ribu santri Pondok Pesantren Lirboyo dijadwalkan kembali datang ke pondok hari ini. Agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan dan tidak mengganggu arus lalu lintas, kedatangan santri diatur bertahap mulai jam 08.00 – 17.00 WIB. 


Kapolres Kediri Kota, AKBP Eko Prasetyo, S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan, mulai hari ini tanggal 23 Mei seluruh santri sudah mulai kembali ke pondok pesantren, namun kembalinya santri diatur bertahap.

Untuk hari ini, khusus santri Pondok Pesantren Lirboyo yang masih berasal dari Provinsi Jawa Timur. Petugas gabungan dari TNI/Polri menyiagakan 70 personelnya untuk pengamanan dan pendampingan agar kegiatan tidak menimbulkan kerumunan.

"Kami akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, meskipun para santri ini sudah membawa surat keterangan rapid test dari daerah asalnya," kata Kapolresta Eko Prasetyo kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Minggu (23/5).

"Pengaturan lalu lintas, juga kita upayakan untuk diperketat, mengingat kedatangan para santri ini, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan kemacetan lalu lintas," sambungnya.

Sebelumnya, gugus tugas Covid-19 Kota Kediri sudah berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk kepulangan para santri. Santri yang kembali ke ponpes juga diharuskan sudah melakukan rapid tes dengan hasil negatif, dan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Sementara berdasarkan pantauan  petugas kepolisian, sejauh ini dari pihak pondok pesantren juga sudah menyiapkan screening awal yang ketat untuk setiap santri yang akan masuk ponpes. 

Tidak ada rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas dalam kegiatan hari ini. Tetapi petugas kepolisian tetap disiagakan untuk pengaturan arus lalu lintas. Untuk pondok pesantren lain di wilayah Kota Kediri, para santri dijadwalkan kembali pada pekan depan.


ikuti update rmoljatim di google news