Digelar Saat Pandami, Bupati Probolinggo Pastikan Pilkades Serentak Aman

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari/Repro 
Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari/Repro 

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari mengungkapkan, para Kepala Desa yang terpilih dalam Pilkades serentak tahap pertama di 62 desa, akan di lantik pada 9 Agutus 2021. 


Bahkan, Bupati Probolinggo, Tantriana Sari menilai pilkades yang berlangsung di tengah Pandemi Covid 19 berjalan baik, lancar, dan sukses.

Hal itu disampaikan bupati dalam akun instagram endlessprobolinggo, dan akun facebook Info Kabupaten Probolinggo, Minggu (20/6/). Keduanya dikelola Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian kabupaten setempat.

Tantriana mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan desa, dan semua pihak yang akan terlibat di dalamnya dalam menentukan waktu pelantikan.

"InsyaAllah pelantikan kades terpilih di Pilkades Serentak kemarin, akan kita laksanakan tanggal 9 Agustus 2021," katanya, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (21/6).

Proses pemunguatan dan penghitungan suara Pilkades Serentak digelar 2 Mei 2021. Berlangsung di tengah pandemi, Pilkades Serentak digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, untuk menghindari penularan.

Penerapan prokes diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 1 tahun 2020 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Sebanyak 490 tempat pemungutan suara atau TPS, menyediakan fasilitas cuci tangan, termogun, hingga penerapan phisical distancing saat proses pemungutan dan penghitungan suara.