Swab Antigen, Anggota DPRD Jember Dinyatakan Positif Covid-19

  Swab Antigen massal di Kantor DPRD Jember/RMOLJatim
Swab Antigen massal di Kantor DPRD Jember/RMOLJatim

Menyusul Swab Antigen massal di Kantor DPRD setempat, satu orang lagi Anggota DPRD Jember dinyatakan positif Covid-19. Swab massal ini diikuti sebanyak 108 orang, terdiri anggota DPRD Jember, Bupati dan wakil Bupati Jember, Jurnalis dan semua orang yang hadir dalam paripurna Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD 2020.


"Dari 108 peserta swab, ada satu yang terkonfirmasi positif," kata Wakil Ketua DPRD Jember, Ahmad Halim, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis(24/6).

Anggota dewan yang terkonfirmasi positif covid 19 baru ini, satu Komisi dengan anggota dewan terkonfirmasi sebelumnya. Dia anggota Komisi C DPRD Jember. Tentunya terjadi kontak erat, karena berada dalam satu ruangan kerja dengan anggota yang terkonfirmasi sebelumnya ( Ketua Komisi C, David Handoko Seto).

"Anggota DPRD yang terpapar virus corona ini dalam keadaan tanpa gejala. Sehingga dia hanya melakukan isolasi mandiri di rumahnya, dengan pengawasan dari Puskesmas," jelas legislator partai Gerindra ini. 

Untuk memutus rantai penyebaran dan mencegah penularan yang lebih luas, pihak dinkes akan melakukan tracing pada keluarga anggota DPRD Jember yang baru tertular itu. Selain itu, Dinas kesehatan melakukan seterilisasi terhadap Gedung DPRD Jember. Hanya pegawai sekretariat DPRD yang bisa masuk. 

"Sementara untuk anggota dewan diberlakukan WFH (Work For Home) hingga 28 Juni 2021,"jelasnya. 

Sidang Paripurna yang mengagendakan pandangan fraksi-fraksi terhadap LPP APBD tahun 2020, terpaksa ditunda. 

Sebab, satu anggota DPRD Jember, David Handoko Seto, terkonfirmasi positif Covid-19. Karena itu, seluruh Anggota DPRD Jember dan peserta lain, termasuk wartawan yang meliput kegiatan tersebut, dilakukan swab.

"Hari ini LPP APBD tahun 2020 ditunda. Kelanjutan rapat paripurna LPP APBD 2020 masih akan dilakukan komunikasi terlebih dahulu. Kita swab dulu," kata Bupati Hendy Siswanto.

Dia menjelaskan, belum bisa dipastikan apakah rapat paripurna LPP APBD dilanjutkan secara luring atau daring. Seluruh anggota dewan dan hadirin lainnya, Bupati dan wakil Bupati Jember, harus menjalani Swab Antigen, karena satu anggota DPRD Jember yang positif covid 19, hadir dalam penyampaian nota pengantar LPP APBD.

"Ya, nanti kita lihat perkembangannya, kalau aman, kita lakukan paripurna tatap muka dan bisa juga dilakukan secara daring," pungkasnya.