Duh, Kasus Covid-19 di Surabaya Mengkhawatirkan, Positivity Rate Terus Mengalami Kenaikan

Febriadhitya Prajatara/RMOLJatim
Febriadhitya Prajatara/RMOLJatim

Angka harian positivity rate COVID-19 di Kota Surabaya terus mengalami peningkatan.


Positivity rate adalah angka yang menunjukkan berapa besar orang terinfeksi virus corona di sebuah populasi. 

Saat ini positivity rate meningkat menjadi 19 persen. Positivity rate sendiri sifatnya berjalan secara dinamis.

Sebelumnya, positivity rate pada 18 Juni 2021 sudah naik menjadi 9 persen. Pada awal Juni lalu positivity rate di Kota Pahlawan 7 persen.

Artinya pada minggu ke 65 antara tanggal 7-13 Juni positivity rate Surabaya 10 persen. Kemudian terjadi peningkatan lagi ketika masuk minggu ke-66.

"Antara tanggal 14-20 Juni meningkat sekitar sampai 21 persen. Namun masuk minggu 67 ini ada penurunan 19 persen," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (25/6).

Meski demikian, sebelum tanggal 4 Juni 2021, positivity rate di Surabaya pernah mencapai 4-7 persen.

"19 Persen kalau melihat dari peningkatannya lumayan (Meningkat). Awal Juni pernah 5-7 persen waktu sebelum libur tanggal 4," tambahnya.

Melihat peningkatan ini, Pemkot Surabaya terus mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan meski sudah vaksin. Sebab, dengan mematuhi 5 M bisa membantu menekan angka COVID-19 di Surabaya.

"Kita juga sedang memaksimalkan vaksin untuk masyarakat umum. Masyarakat juga harus patuh dan disiplin protokol kesehatan 5M untuk menekan kasus COVID-19 di Surabaya agar tidak semakin naik," pungkasnya.