Animo Tinggi, Masyarakat Serbu Vaksinasi Gratis di Gor Tawangalun

Masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi gratis memaksa masuk melalui gerbang Gor Tawangalun, Banyuwangi/repro
Masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi gratis memaksa masuk melalui gerbang Gor Tawangalun, Banyuwangi/repro

Program vaksinasi gratis yang diinisiasi Polresta Banyuwangi dalam HUT Bhayangkara 75 diserbu masyarakat. Seribuan warga bahkan menerobos pagar untuk bisa masuk ke Gor Tawangalun.


Sejak dibuka pukul 07.00 WIB, Sabtu, 26 Juni 2021 jumlah warga yang berdatangan semakin banyak, sehingga mengular sampai di luar pintu masuk Gor.

Awalnya, antrean berjalan tertib. Situasi mulai tidak terkendali saat sejumlah warga menerobos antrean. Bahkan pintu gerbang masuk Gor dijebol warga yang saat itu dijaga aparat keamanan.

Sehingga dalam sekejap, antrean panjang terjadi di sekitar tempat pendaftaran.

Kasat Sabhara Polresta Banyuwangi, Kompol Toha mengingatkan agar masyarakat mengikuti arahan aparat melalui corong pengeras suara. Masyarakat diminta sabar dan dijamin kebagian vaksin. 

"Tolong antre yang tertib, jaga jarak. Semua pasti divaksin, jadi sabar," seru Kompol Toha.

Wakapolresta Banyuwangi AKBP Didik Hariyanto pun berharap agar masyarakat yang ingin ikut program vaksinasi gratis ini bersabar hingga menunggu panggilan sesuai nomor urutan. 

"Di Gor kami sediakan 1000. Kalau kurang akan kami tambah 1500-2000," tegasnya.

Mulai 26 Juni 2021 vaksinasi 1 juta perhari. Polresta Banyuwangi sudah menggelar vaksin sejak 4 hari lalu di sejumlah titik. Di antaranya, Desa Katapang, Polsek Pesanggaran dan di kota dipusatkan di GOR Tawangalun. 

"Vaksin tidak hanya di GOR, silahkan datang ke puskesmas terdekat," ujar AKBP Didik. 

Rika Novita, salah satu peserta vaksin sempat kecewa banyak warga yang menerobos antrean sehingga prokesnya tak terjaga. Sejak jam 07.00 WIB dirinya antre di depan lapangan tenis dan melihat polisi berjaga untuk menertibkan prokes. 

Di lokasi aksi kerumunan massa tak terhindarkan. Bahkan, sejumlah video yang yang mempertontonkan terjadinya kerumunan warga beredar luas di Media sosial.

"Sebelum masuk GOR sudah diregister oleh petugas. Kita mengantre sesuai nomer antrean," ucapnya. 

Wakil Bupati Banyuwangi H Sugirah dan Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Yuli Eko Purwanto mendatangi lokasi untuk melihat pelaksanaan vaksinasi.