Percepat Vaksinasi, Walikota Kediri Imbau Masyarakat Kurangi Aktifitas di Luar Rumah

Kegiatan Respon Vaksinasi Polri 1 Juta Dosis di halaman Polres Kediri Kota/RMOLJatim
Kegiatan Respon Vaksinasi Polri 1 Juta Dosis di halaman Polres Kediri Kota/RMOLJatim

Pemerintah Kota Kediri terus mendapat dukungan dari berbagai kalangan untuk melakukan percepatan vaksinasi. 


Hari ini, Sabtu (26/6) Dinas Kesehatan ambil bagian dalam puncak Kegiatan Respon Vaksinasi Polri 1 Juta Dosis di halaman Polres Kediri Kota. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara HUT Bhayangkara ke-75, yang sebelumnya telah diadakan vaksinasi di RS Bhayangkara mulai 22 Juni 2021. 

“Acara ini salah satu kolaborasi Pemkot Kediri dan Polres Kediri Kota untuk percepatan vaksinasi,” kata Alfan Sugiyanto, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Kediri kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (26/6). 

Pemkot Kediri menerjunkan tim vaksinasi dari 4 puskesmas yaitu Puskesmas Ngletih, Puskesmas Campurejo, Puskesmas Kota Utara dan Puskesmas Sukorame, masing-masing puskesmas terdiri 15-20 orang. 

Dinas Kesehatan Kota Kediri ikut andil membantu sebagai penggerak sasaran dan tenaga vaksinasi. Target hari ini 750 sasaran vaksin dari 3 kecamatan, dari total kuota 3000 sasaran. Vaksin yang digunakan vaksin Sinovac.

Hingga hari ini, sebanyak 35% atau setara dengan 68.950 warga Kota Kediri sudah tervaksin dari target 197.000 ribu sasaran. Dinas Kesehatan Kota Kediri menargetkan 70% warga Kota Kediri sudah melakukan vaksin sampai November 2021. 

Sementara itu, Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri menyampaikan, di beberapa puskesmas saat ini sudah mulai melakukan vaksinasi dosis 2 dan vaksinasi lansia, yang selanjutnya disusul vaksinasi usia 18 tahun ke atas. 

"Mulai sekarang, warga Kota Kediri usia 18 tahun ke atas bisa segera mendaftar vaksinasi, dan pendaftaran dapat dilakukan di RT/RW setempat," terang Fauzan. 

Sementara itu, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan apresiasi yang tinggi atas semangat warga untuk vaksinasi, serta tidak lupa menghimbau warga tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan. 

“Kurangi aktivitas di luar rumah yang tidak perlu dan tunda dulu kegiatan yang berkerumun,” kata Abdullah Abu Bakar. 

Ia menambahkan, penekanan kasus COVID-19 harus didukung sinergi dari berbagai sektor, baik TNI - Polri, pihak swasta, termasuk warga Kota Kediri. Harapannya, gelombang kasus COVID-19 dapat terus ditekan dan vaksinasi segera terdistribusi secara menyeluruh.


ikuti update rmoljatim di google news