Upaya Percepatan, Polres Jombang Gelar Vaksinasi Door To Door

Vaksinasi di rumah warga/Ist
Vaksinasi di rumah warga/Ist

Polisi membantu pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Jombang melalui program vaksinasi door to door. Polisi dan petugas medis memberikan suntikan vaksin terhadap para lanjut usia di rumah masing-masing.


Dalam program tersebut, Wakapolres Jombang Kompol Ari Trestiawan didampingi Kabag SDM membawa petugas medis (vaksinator) dari Urkes Polres Jombang dan Puskesmas Megaluh, mendatangi masyarakat untuk dilakukan vaksinasi di rumah.

Kedatangan petugas ini langsung direspon warga dengan antusias. Menurut warga program ini sangat praktis dan tak perlu antri di tempat vaksin. Terutama bagi kalangan lanjut usia (lansia) yang sudah tidak mampu bepergian.

"Sasaran utamanya para lansia yang tidak bisa datang ke tempat vaksin, dan ini merupakan langkah untuk mempercepat vaksinasi, dalam menekan Covid-19," kata Kompol Ari dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (14/7).

Dalam kegiatan itu, Wakapolres Jombang bersama tim vaksinator membawa 20 vaksin Covid-19. Kali ini, kegiatan vaksin Covid-19 door to door berlangsung di Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang. 

Adapun mekanismenya, tim datang mencari masyarakat dan keluarga yang belum mendapatkan vaksin. Dengan hanya menunjukkan KK dan KTP untuk pendataan lalu divaksin.

Di lokasi pedesaan ini, Wakapolres melakukan blusukan dan masuk ke perkampungan warga, mencari lansia untuk divaksin. Dengan adanya kesempatan itu, antusiasme masyarakatpun bergegas memanfaatkan kesempatan tersebut. 

Masih kata Wakapolres, bahwa hal ini akan terus dimobilisasi, dan akan terus dilaksanakan, sejumlah personel juga siapkan, serta sarana dan prasarananya. Polres Jombang juga akan mengerahkan Polsek jajaran untuk melakukan hal serupa, karena terobosan ini disambut baik oleh masyarakat.

Salah satu warga setempat, Andi menyampaikan terima kasih dengan adanya terobosan ini, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke tempat vaksin karena petugasnya yang datang ke tempat atau rumah warga tersebut.

Tak hanya permukiman, polisi juga akan mendatangi tempat publik guna mengajak masyarakat segera mendaftar untuk divaksin. Bagi masyarakat yang memerlukan, petugas langsung memeriksa kesehatan calon penerima vaksin. Kemudian mereka yang layak dari segi medis langsung mendapat vaksin dari tim vaksinator.