Jumlah Penyembelihan Hewan Kurban Di RPH Kota Kediri Naik 400 Persen

Aktifitas penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Kediri/RMOLJatim
Aktifitas penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Kediri/RMOLJatim

Himbauan Pemkot Kediri yang meminta masyarakat untuk menyembelih hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) saat Idul Adha disambut positif. Hal ini dapat dilihat banyaknya jumlah hewan kurban yang disembelih di RPH Kota Kediri.


Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri, untuk tahun ini jumlah hewan kurban yang dipotong di RPH Kota Kediri mengalami kenaikan sebesar 400%. Untuk tahun lalu, RPH Kota Kediri hanya menerima hewan kurban sebanyak 7 hingga 10 sapi. Namun, untuk tahun ini meningkat menjadi 40 ekor sapi dan 7 ekor kambing. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Muhammad Ridwan mengatakan, animo masyarakat untuk menyembelih hewan kurban di RPH sangat tinggi. Hal itu disebabkan dari kesadaran masyarakat sendiri untuk mengurangi tingkat kerumunan saat dilakukan penyembelihan hewan kurban dan patuh pada himbauan Pemkot Kediri.

"Untuk tahun ini memang animo masyarakat menyembelihkan hewan kurbannya di RPH cukup tinggi. Karena memang ada himbauan dari Pemerintah Kota Kediri dan juga kesadaran masyarakat yang tinggi untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat saat penyembelihan," kata Muhammad Ridwan kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (23/7). 

Muhammad Ridwan menjelaskan, tahun ini secara keseluruhan ada 400 ekor hewan kurban yabg disembelih. Peningkatan tersebut, disinyalir karena musim haji tahun ini masih dilarang, dan masyarakat beralih untuk menjalankan kurban. 

Dalam penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Kediri ini tidak dikenakan biaya pemotongan hewan kurban. Hal itu dilakukan agar tidak memberatkan masyarakat saat akan memotongkan hewan kurban miliknya.


ikuti update rmoljatim di google news