PPJ Unitomo Fokus Tingkatkan Kualitas Jurnal Ilmiah

Rektor, Dr. Siti Marwiyah, SH., MH., saat memberikan sambutan/Ist
Rektor, Dr. Siti Marwiyah, SH., MH., saat memberikan sambutan/Ist

Pusat Pengelola Jurnal (PPJ) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Webinar dengan mengangkat tema “Strategi Peningkatan Peringkat Akreditasi Jurnal Pada Sinta 1” yang digelar secara Daring atau online.


"Diharapkan melalui kegiatan ini para peserta bisa lebih bersemangat dalam mengembangkan jurnal ilmiah," kata Rektor Unitomo, Siti Marwiyah, melalui pesan singkat via Whatsapp yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (27/7).

Saat ini, lanjut Siti, kita telah memiliki 32 jurnal, 24 untuk jurnal prodi dan 8 sisanya jurnal mahasiswa. Melalui kegiatan ini, semoga akan bertambah banyak lagi jurnal yang meningkat kualitasnya sehingga mendapat peringkat akreditasi jurnal pada Sinta 1 dan tentu nantinya bisa terindeks scopus.

"Mari kita bergandengan tangan bersinergi menuju Unitomo maju melalui jalur jurnal ini”, ungkapnya.

Mendatangkan Andri Pranolo, Managing Editor International Journal of Advances in Intelligent Informatics sebagai narasumber, kegiatan ini mampu menarik antusias peserta hingga hampir 300.

Anik Vega, Ketua PPJ Unitomo mengatakan kegiatan difokuskan pada manajemen peningkatan publikasi jurnal ilmiah, fokus ini diharapkan mampu mendongkrak publikasi jurnal di Unitomo.

“Melalui bimbingan dari narasumber yang berkompeten ini, harapannya kita semua dapat menghasilkan jurnal-jurnal berkualitas mendapat peringkat akreditasi jurnal pada Sinta 1 dan terindeks scopus seperti harapan bu Rekor”, ujarnya.

Sementara itu, Andri Pranolo dalam paparannya mengemukakan pada seluruh peserta agar memiliki time line dan visi yang jelas dalam mengelola jurnal.

“Apa yang diutarakan bu Rektor dan Ketua PPJ sudah menjadi fokus beberapa perguruan tinggi saat ini. Untuk mencapai ke tujuan tersebut prosesnya membutuhkan perjuangan yang lama dan tentunya komitmen untuk selalu disiplin, oleh sebab itu, mari melalui kegiatan ini kita sama-sama mendalami berbagai materi jurnal agar mendapat peringkat akreditasi jurnal pada Sinta 1 dan terindeks scopus”, jelasnya.