Agar Tak Tunda Waktu, Apdesi Probolinggo Sepakati Pilkades Tahap II Digelar 27 Desember

Ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo, Hasanuddin usai melakukan rapat tertutup bersama pengurus APDESI lainnya/RMOLJatim
Ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo, Hasanuddin usai melakukan rapat tertutup bersama pengurus APDESI lainnya/RMOLJatim

Asosiasi Kepala Desa (Apdesi) Kabupaten Probolinggo sepakat dengan kebijakan Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, dalam penetapan Pemilihan Calon Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II yang akan di gelar 27 Desember 2021 nanti.


Kesepakatan tersebut sampaikan Ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo, Hasanuddin pada Kantor Berita RMOL Jatim, usai melakukan rapat tertutup bersama pengurus APDESI di salah satu rumah makan di Kecamatan Dringu.

"Apdesi (Kabupaten Probolinggo) sendiri, mendukung dan sepakat dengan langkah ibu Bupati (Puput Tantriana Sari), dalam penetapan Pilkades Tahap II pada tanggal 27 Desember 2021 ini," jelasnya.

Menurut Hasan, kebijakan yang di ambil oleh Bupati Probolinggo dalam penetapan Pilkades tahap II untuk 252 desa se Kabupaten Probolinggo, sudah melewati kajian-kajian yang mendasar. 

"Nah, dengan kajian-kajian ilmiah atau berbagai pertimbangan itulah, sehingga tercetuslah oleh ibu bupati sendiri pada 27 Desember 2021 ini," tegasnya.

Dia juga menegaskan, kalau penetapan Pilkades serentak tahap II pada 27 Desember 2021 tersebut, sudah di ketahui oleh masyarakat di 325 desa.

"Utamanya, warga yang didesanya itu menggelar Pilkades. Sehingga warga sudah mengetahui jadwal Pilkades serentak tahap II ini," paparnya.

Selain itu masih kata Kepala Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan ini, Apdesi Kabupaten Probolinggo sendiri akan mengirimkan surat pada Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Kadhafi untuk, meminta jadwal audiensi terkait pengamanan Pilkades serentak tahap II.

"Kami (Apdesi) akan mengirimkan surat pada Pak Kapolres Probolinggo, agar bersedia memberikan waktu pada Apdesi, untuk bersilaturahmi. Utamanya, persiapan pengamanan Pilkades," jelasnya.

Bukan hanya disitu, Apdesi Kabupaten Probolinggo juga akan mengirimkan surat pada DPRD Kabupaten Probolinggo, untuk melakukan audiensi, agar DPRD Kabupaten Probolinggo, menganggarkan Pilkades tahap II ini, dengan anggaran PAK.

"Untuk ke dewan, agar dewan menganggarkan anggaran pilkades tahap II ini dengan anggaran PAK. Sehingga, Persiapan Pilkades tahap II ini benar-benar matang dan tidak ada kendala," pungkasnya.