BPBD Kota Kediri Bersama Brimob Kerahkan Angkutan Untuk Pendistribusian Tabung Oksigen

BPBD Kota Kediri dan Brimob saat mengangkut tabung oksigen/RMOLJatim
BPBD Kota Kediri dan Brimob saat mengangkut tabung oksigen/RMOLJatim

Pemkot Kediri dinilai aktif dalam penanganan Covid-19 di lingkungan Kota Kediri. Hal tersebut tampak dalam sinergitas antara BPBD, Brimob, dan RS Kota Kediri dalam upaya menangani lonjakan pasien Covid-19. BPBD dan Brimob turut berperan dalam membantu tenaga kesehatan melalui kegiatan pengisian tabung oksigen di PT Samator Gas Industri, Gresik. 


Indun Munawaroh, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri menerangkan, bahwa pandemi Covid-19 ini merupakan bencana yang harus ditangani bersama-sama. 

“Dalam penanggulangan bencana kita tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, semuanya harus saling bersinergi, saling men-_support_ satu sama lain. Kalau maju sendiri, pasti tidak bisa," kata Indun kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (31/7). 

Kerjasama ini bermula ketika BPBD Kota Kediri mendapat surat dari BPBD Provinsi Jawa Timur pada tanggal 9 Juli 2021, yang menyatakan bahwa dalam menjamin ketersediaan oksigen di RS, maka BPBD kabupaten/kota diminta untuk menyediakan truk angkutan untuk pendistribusian oksigen dari lokasi produsen ke RS.

Sementara itu, AKP Alito, Komandan Kompi 1 Yon C Brimob Kota Kediri menjelaskan bahwa Brimob memiliki peran dalam segala aspek, salah satunya yaitu ranah kemanusiaan. Ia menilai bahwa dalam urusan penanganan pandemi Covid-19 merupakan urusan kemanusiaan yang wajib dibantu. Oleh karena itu Brimob Kota Kediri aktif bekerjasama dengan BPBD dalam mengatasi segala urusan kemanusiaan. 

“Kemarin BPBD meminta bantuan kepada kami mengenai penyediaan kendaraan untuk mengangkut tabung oksigen ke RS. Lalu kami kirimkan satu truk untuk mengangkutnya beserta dua personel untuk membantu selama kegiatan berlangsung” terang Alito.