Pemkab Kediri Optimis Jembatan Jongbiru Selesai pada 1 Mei 2024

Progres pembangunan Jembatan Jongbiru Kediri/RMOLJatim
Progres pembangunan Jembatan Jongbiru Kediri/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri optimistis pembangunan Jembatan Jongbiru akan selesai tepat waktu. Yakni sesuai target pada 1 Mei 2024.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kediri Irwan Chandra Wahyu Purnama mengatakan, progres pembangunan Jembatan Jongbiru saat ini telah mencapai 75 persen.

“Sampai akhir minggu (pekan) pertama April ini sudah mencapai angka 75 persen,” ujar Irwan kepada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (14/4). 

Irwan mengaku bersyukur progres tersebut sudah sesuai dengan rencana kerja dan batas waktu yang sudah ditetapkan. Sehingga dia optimistis pengerjaan konstruksi Jembatan Jongbiru rampung 1 Mei 2024.

Jembatan Jongbiru merupakan salah satu akses antara kawasan timur dan barat Sungai Brantas Kabupaten Kediri. Selama ini, akses tersebut hanya bisa dilayani via Jembatan Bandar dan Jembatan Semampir sebelum pembangunan Jembatan Brawijaya Kota Kediri dan Jembatan Wijaya Kusuma Ngadiluwih.

Selain itu, jembatan ini akan menjadi akses menuju Bandara Internasional Dhoho Kediri dari utara sebelum selesainya proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung.

Jembatan Jongbiru dibangun juga untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas ke barat sungai dengan mengurangi beban Jembatan Semampir.

“Semoga macet dapat dikurangi dengan kembalinya Jembatan Jongbiru,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kediri, Sukadi. (Adv)