Terima Bantuan dari Petani Dan Wartawan, Bupati Jember: Tindakan Nyata yang Patut Ditiru

Bupati Jember Hendy Siswanto saat menerima bantuan sayur mayur dan beras dari petani dan wartawan untuk disalurkan ke masyarakat terdampak Covid-19/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto saat menerima bantuan sayur mayur dan beras dari petani dan wartawan untuk disalurkan ke masyarakat terdampak Covid-19/RMOLJatim

Tindakan nyata sejumlah petani yang tergabung di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jember dan Perserikatan Wartawan Jember (PWJ) dalam membantu meringankan beban masyarakat ditengah pandemi Covid-19 mendapat apresiasi dari Bupati Jember, Hendy Siswanto.


Hari ini, sejumlah petani dan wartawan menyalurkan bantuan berupaya sayur mayur dan satu ton beras yang diberikan ke Pemkab Jember untuk didistribusikan ke warga, khususnya yang terdampak Covid-19. 

"Bukan dilihat dari banyaknya pemberian kepada terdampak covid, tapi kepeduliannya itu yang tidak bisa dinilai oleh apapun," kata Bupati Jember, Hendy Siswanto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat menerima penyerahan bantuan sayur mayur dan beras di Pendopo Wahya Wibawagraha, Senin (9/8). 

Menurut Bupati Hendy, perbuatan mulia dari petani dan wartawan ini perlu dijadikan contoh, bukan hanya di Jember, melainkan di Indonesia maupun dunia. 

"Ini tindakan nyata yang patut ditiru," ujarnya 

Dijelaskan Bupati Hendy, penghasilan terbesar di Jember  berasal dari  pertanian. Karena 70 persen rakyat jember adalah petani. Karena itu dia mengajak masyarakat untuk bergotong royong, untuk penanganan Covid-19. 

"Bukan berarti pemerintah meninggalkan tanggung jawab, tidak. Pemerintah sudah all-out menangani kasus tersebut, untuk melindungi dan menyelamatkan nyawa manusia. Kalau hanya kekuatan Pemkab saja, TNI, Polri, tidak lah cukup," katanya.

Karena itu Bupati Hendy berpesan, setiap pribadi harus menjaga diri dari penularan covid-19. Dengan disiplin menerapkan orokes, 

"Kalau bukan diri kita sendiri, siapa lagi yang menjaga kita. Memakai masker bahu membahu, gotong royong seperti ini adalah kunci sukses dalam penanganan covid 19," tandasnya.

Sementara, Ketua HKTI Kabupaten Jember, Jumanto menjelaskan, bantuan yang didistribusikan melalui Pemkab Jember tersebut merupakan bentuk kepeduliannya untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Kami menyampaikan hasil panen, masih ingin berbuat membantu sesama," pungkas.