Polisi Tangkap Ibu Pembuang Bayi Di Sungai Kediri

Petugas menjemput tersangka pembuang bayi/RMOLJatim
Petugas menjemput tersangka pembuang bayi/RMOLJatim

Satuan Reskrim Polres Kediri Kota, akhirnya mengungkap Pelaku pembuang bayi di aliran Sungai Kresek Banjaran Kota Kediri.


Pelaku tidak lain merupakan ibu korban sendiri yang sudah diamankan kurang dari 24 jam setelah penemuan jasad bayi pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

AKP Girindra Wardana Kasat Reskrim Polres Kediri Kota mengatakan, pelaku pembuang bayi merupakan warga Kelurahan Banjaran berinisial MYP umur 19 tahun. 

Penangkapan terhadap pelaku setelah Satreskrim Polres Kediri Kota melakukan pengembangan dan memintai keterangan para saksi sekaligus sinergi Babinkamtibmas Kelurahan Banjaran yang melakukan pendataan warga hamil. 

"Kami bekerjasama dengan pihak kelurahan, untuk pendataan pada ibu hamilbyang ada diwilayah itu. Dari data yang ada, ternyata ada seorang ibu yang dirawat di rumah sakit, karena akan melahirkan. Wanita tersebut adalah ibu dari pelaku MYP si pembuang bayi," Kata Girindra Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Sabtu (14/8). 

Dari data yang disampaikan warga, ada seorang ibu yang tengah perawatan di rumah sakit karena akan melahirkan. Perempuan yang melahirkan tersebut tidak lain adalah ibu dari pelaku MYP pembuang bayi.

Di sekitar aliran sungai, anggota Reskrim juga meminta keterangan sejumlah warga hingga diketahui salah seorang warga mengetahui pelaku terjatuh saat berusaha naik ke atas dari aliran sungai. 

Bahkan kondisi pelaku saat dibantu naik ke atas terlihat pucat dan mengeluh kesakitan. Polisi juga mendapatkan petunjuk lain berupa foto yang sempat diambil oleh warga tentang keberadaan MYP sedang berada di aliran sungai.

Petugas kemudian menginterogasi pelaku dan mengakui perbuatannya membuang bayi tersebut di sungai pada hari Jumat, 13 Agustus 2021 sekitar pukul 09.00 WIB.

 Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pelaku, pada hari Jumat, MYP melahirkan di kamar mandi rumahnya. Tidak ada yang mengetahui kejadian tersebut meskipun ada bapak, ibu dan adiknya dirumah.

Selanjutnya, MYP mengaku jika pada saat melahirkan, bayi masih bergerak, namun tidak bersuara dengan kondisi tubuh yang membiru. Setelah melahirkan, MYP beristirahat dikamar mandi kurang lebih satu jam, lalu membuang bayi ke sungai belakang rumahnya.

 Saat ini MYP masih dalam perawatan medis pasca melahirkan, sebelum proses penyidikan lebih lanjut atas perbuatannya. Belum diketahui siapa ayah dari bayi malang yang dibuang ibunya tersebut. Terkait adanya pihak lain yang membantu pelaku membuang bayinya saat ini masih dalam pendalaman.