HUT RI ke-76 Unitomo Gelar Dzikir dan Sholawat

Berdzikir dan Bersholawat via daring yang digelar Unitomo/Ist
Berdzikir dan Bersholawat via daring yang digelar Unitomo/Ist

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) ke 40, dan  mensyukuri 76 Tahun Indonesia Merdeka, serta menyambut mahasiswa baru Tahun Akademik 2021 / 2022, Universitas Dr. Soetomo Surabaya menggelar acara Unitomo Berdzikir dan Bersholawat.


"Tujuan acara ini adalah sebagai rasa syukur sivitas Unitomo serta sebagai sarana doa bersama khusus untuk keselamatan civitas akademika dan bangsa Indonesia pada umumnya," kata Rektor Unitomo, Siti Marwiyah, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (17/8).

Pandemi covid-19, sambung rektor, telah membawa dampak buruk bagi sektor perekonomian Indonesia yang dampaknya juga pada dunia pendidikan khususnya di Unitomo.

"Untuk itu Unitomo mengajak untuk ber “ikhtiar bathin” dalam upaya mengetuk pintu langit agar Allah mengangkat pandemi covid dari bumi Indonesia dan juga di Unitomo khususnya”, ujarnya.

Acara religi yang di gelar secara virtual melalui link zoom dan channel youtube pada Senin (16/8) dihadiri oleh seluruh sivitas akademika Unitomo serta mengundang secara virtual, Sandiaga Uno  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, Suprapto Ka.L2Dikti Wil. 7, Gus Miftah Pimpinan Ponpes Ora Aji Sleman Yogyakarta, Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo, serta Ustadz Muzakki Al Hafidz, Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya.

Sandiaga Uno dalam sambutannya juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan dzikir dan sholawat ini yang menurutnya “super keren” dalam upaya ikhtiar menyikapi dampak Covid-19 yang Insya Allah penuh dengan keberkahan.

"Saya berharap dengan momentum dzikir dan sholawat ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan silahturahmi antar kita umat Islam”, kata Sandi

Menurut Sandi musibah pandemi covid ini tidak terasa sudah 1,5 tahun menimpa bangsa Indonesia. Dan dalam 2 bulan terakhir ini perkembangan pandemi sangat pesat sehingga pemerintah berupaya menekan lajunya menyebaran pandemi covid ini dengan melaksanakan perpanjangan PPKM  level 4

“Saya mengajak kepada seluruh keluarga besar Unitomo agar secara lahiriah selalu mentaati aturan PPKM dan patuh menjalankan protokol 3M dan 5M serta vaksinasi. Dan saya sangat mengapresiasi peran Unitomo yang sudah turut serta menggalakkan program vaksinasi. Saya berharap Unitomo kedepan dapat dijadikan sentra vaksinasi di Surabaya," tutur menteri kelahiran Rumbai Riau ini.