Mengenang Detik-detik Proklamasi, Pengendara Lakukan Hormat Bendera dan Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Pengendara menghormati Sang Saka Merah Putih si tengah jalan. 
Pengendara menghormati Sang Saka Merah Putih si tengah jalan. 

Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati secara serentak di seluruh Indonesia. Tepat Pukul 10.17-10.20 WIB, seluruh aktifitas masyarakat dihentikan untuk menghormati Sang Saka Merah Putih di Hari Kemerdekaan RI ke 76.


Di Jawa Timur sendiri, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim menghentikan pengendara motor yang melintas di Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

"Ini kita lakukan serentak di seluruh Jawa Timur bahkan Indonesia. Karena ini instruksi pemerintah pusat. Jam 10.17 - 10.20 WIB aktifitas pengendara dihentikan dan memberikan penghormatan pada Sang Saka Merah Putih dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya," jelas Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Latif Usman dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (17/8).

Saat menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, lanjut Latif, pengendara yang dihentikan diminta untuk turun dari kendaraannya dan memberikan penghormatan pada Sang Saka Merah Putih.

"Kita mengajak masyarakat menghormati kemerdekaan. Kita hentikan dan meminta pengendara turun. Bersama rakyat kita bahagia, bersama rakyat kita menumbuhkan kebanggaan untuk menghormati Hari Kemerdekaan RI yang ke 76," tegasnya.

Sementara pengendara yang dihentikan mengaku tidak terganggu. Malahan, dengan cara ini mengingatkan dirinya saat masih sekolah.

"Saya tidak terganggu. Saya ingat saat masih sekolah, ketika disuruh guru saya untuk upacara saat hari kemerdekaan saya pun ikut. Ini bagus karena menumbuhkan rasa nasionalisme dan semoga wabah Covid-19 segera selesai," ucap Abud Rohman.


ikuti update rmoljatim di google news