Rayakan Kemerdekaan RI Ke 76, Ibu-ibu Dapur Mbok Inggih Setigi Kibarkan Merah Putih di Tebing Setigi

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Pelaku Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) dikawasan objek wisata alam Selo Tirto Giri (Setigi) di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik yang menamakan diri ibu-ibu Dapur Mbok Inggih Setigi. Mengelar peringatkan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia ke 76, dengan mengibarkan bendera merah putih di tebing Setigi.


Menurut Ketua PKK Desa Sekapuk Rif’atul Mubarokah selaku pelopor kegiatan, pihaknya tidak hanya sekedar mengibarkan bendera saja. Tetapi, juga mengelar upacara penghormatan pada pengibaran sang saka merah putih.

"Kami lakukan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang bangsa dan negara tercinta Republik Indonesia. Sekaligus, membangun optimisme untuk bangkit dari keterpurukan dampak pandemi," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (17/8).

"Di momen HUT RI ke 76 ini, saya sengaja mengajak ibu-ibu Dapur Mbok Inggih yang merupakakan anggota PKK Desa Sekapuk agar tetap semangat memulihkan ekonomi dengan memproduksi berbagai cemilan/jajanan khas Desa Sekapuk yang merupakan warisan leluhur untuk tetap kita lestarikan dan diperkenalkan ke khalayak umum dengan cara dijual di wisata alam Setigi," tuturnya.

Di tambahkan Rif’atul bahwa sebelum pandemi terjadi cemilan/jajanan khas Sekapuk banyak dibeli masyarakat saat mereka berkunjung ke wisata Setigi. Namun, akibat pandemi praktis omzet penjualan mengalami penurunan drastis.

"Melalui peringatan HUT RI ke 76, kami mengajak ibu-ibu Dapur Mbok Inggih bangkit untuk kembali mengeliatkan ekonomi demi menunjuang kebutuhan sehari-hari. Tentunya dengan menjual makanan atau jajanan hasil karya sendiri," ungkapnya.

"Kepada masyarakat para pengunjung wisata Setigi yang kini telah boleh beroprasi kembali, pasca penutupan akibat kebijakan PPKM level 4. Jangan lewatkan kuliner dengan berbagai menu makanan dan jajanan Dapur Mbok Inggih untuk dibeli sebagai oleh-oleh,” pungkasnya.