Biden: Bila Taliban Halangi Evakuasi, Kami akan Memberinya Sanksi

Joe Bidden/net
Joe Bidden/net

Amerika Serikat akan menjatuhkan sanksinya kepada Taliban bila mereka menghalangi upaya evakuasi. Sanksi yang diberikan belum ditetapkan bentuknya, namun Presiden Joe Biden mengatakan hal itu tergantung pada perilaku mereka.


Dalam wawancaranya bersama wartawan di Ruang Roosevelt, Gedung Putih, pada Minggu (22/8), Biden mengatakan ia akan pendukung sanksi tersebut.

"Jawabannya ya. Itu tergantung pada perilakunya," kata Biden, seperti dikutip dari ABC News.

Sejauh ini, Taliban membuat gangguan dalam proses evakuasi dan berpegang teguh pada kata-kata mereka. Namun, tindakan apa pun terhadap pasukan AS akan memaksa pemerintah untuk mendukung sanksi.

"Jadi kita lihat saja nanti. Kita lihat apakah yang mereka katakan itu benar atau tidak," tegas Biden.

Sebelumnya, berbicara tentang masalah yang sama, Penasihat Keamanan Nasional AS (NSA) Jack Sullivan mengatakan bahwa jika Taliban mencoba untuk memblokir atau mengganggu proses evakuasi, mereka harus menghadapi tanggapan yang kuat dan cepat dari pemerintah.

AS telah memperluas zona aman di sekitar bandara dan menurut Biden, Taliban telah bekerja sama dalam memperluas beberapa perimeter. AS berharap menyelesaikan evakuasi sesuai tenggat waktu

Militer AS telah menarik sekitar 25.100 orang dari Afghanistan sejak 14 Agustus, dan sekitar 30.000 sejak akhir Juli.


ikuti update rmoljatim di google news