Pantau Prokes Pengunjung, KBS Bakal Kerahkan 85 Satgas

Chairul Anwar/RMOLJatim
Chairul Anwar/RMOLJatim

Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Chairul Anwar memastikan pihaknya akan mengerahkan 85 satgas mandiri untuk berkeliling mengingatkan protokol kesehatan (Prokea) para pengunjung.


Mereka sudah dibagi perzona yang biasanya menimbulkan kerumunan, seperti di pintu masuk, pertigaan, area zona satwa favorit dan zona lainnya. 

“Di zona-zona itu kita tempatkan satgas,” kata Chairul dikutip Kantor Berita RMOLJatim disela-sela mendampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau dan mengecek kesiapan protokol kesehatan yang diberlakukan di KBS, Sabtu (2/10).

Ia juga memastikan bahwa besok KBS itu akan dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan kapasitas 25 persen atau sekitar 2000 pengunjung. Sedangkan bagi yang gowes dibuka mulai pukul 06.00-10.00 WIB.

“Kita juga sudah menyiapkan semua prokesnya mulai masuk hingga keluar KBS, semuanya sudah sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam SE kementerian,” tegasnya.

Chairul juga menjelaskan bahwa semua satwa di KBS sudah dicek kesehatannya secara periodik. 

Bahkan, hampir setiap hari dokter hewan KBS melakukan evaluasi di masing-masing zona satwa, sehingga dia memastikan bahwa satwa KBS dalam kondisi sehat. 

“Tapi memang dalam pembukaan kali ini, ada beberapa area yang belum bisa kami buka, seperti aquarium dan beberapa tempat lainnya,” pungkasnya.