Atlet Anggar Asal Situbondo Sumbang Perunggu di PON Papua

Sigy Kanadela (paling kanan), berhasil menyumbang medali perunggu dari cabor anggar/ist
Sigy Kanadela (paling kanan), berhasil menyumbang medali perunggu dari cabor anggar/ist

Kontingen Jawa Timur kembali mendapatkan medali perunggu pada ajang pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.


Medali kali ini disumbangkan oleh atlet Anggar nomor degen asal Situbondo, Sigy Kanadela (22).

Anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Nusa Aldera membenarkan, Sigy meraih medali perunggu, setelah dikalahkan oleh lawannya Anggi Wiliansyah asal Jawa Barat, di babak semi final dengan skor 14:15, yang berlangsung di venue Kompleks Gereja ST Yoseph Merauke, Provinsi Papua.

"Sebenarnya menurut rangking pada babak penyisihan, Sigy unggul dibanding lawannya pada perempat final Anggi Wiliansah. Tapi, kami tetap bangga atlet anggar Situbondo bisa menyumbang medali perunggu," ujar Aldera, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (7/9) di Situbondo.

Masih menurut Aldera, selama menyaksikan pertandingan yang disiarkan secara langsung melakui aplikasi Youtube itu, lawan dari Sigy itu bermain cukup berhati-hati. Sering terlihat, Anggi baru menyerang ketika Sigy melakukan kesalahan.

"Kalau kami lihat pertandingannya, atlet anggar asal Jawa Barat tersebut bermain lebih hati-hati, dan menunggu kesalahan Sigy," ujar Aldera lagi.

Kendati berhasil meraih medali perunggu, beber Aldera lagi, Sigy masih memiliki kesempatan untuk meraih medali emas, melalui nomor beregu, yang dijadwalkan Jumat (8/10) mendatang.

"Nomor degen beregu Jatim cukup tangguh, dan cukup difavoritkan di PON. Saya optimistis di nomor degen beregu Jatim dapat meraih medali emas. Karena saat pra-PON meraih medali emas," ucapnya.

Diketahui, Sigy Kanadela merupakan putra dari pasangan Sukono dan Elfiyatin. Sigy adalah atlet anggar Situbondo yang diketahui cukup kenyang pengalaman. Banyak koleksi medali emas, perak dan perunggu yang diraihnya dari berbagai kejuaraan, baik di dalam negeri bahkan luar negeri.

"Berbagai kejuaraan pernah diikuti Sigy, mulai porprov sebelumnya, Pekan Olahraga Mahasiswa, pertandingan mahasiswa se-Asia Tenggara dan kejuaraan nasional lainnya," kata mantan atlet anggar itu.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Sadi mengapresiasi atas prestasi atlet anggar yang menyumbang medali perunggu, dan menjadi kebanggan Pemprov Jatim dan Pemerintah Kabupaten Situbondo.

"Prestasi yang diraih Sigy Kanadela ini membuat harum kabupaten kita dan menjadi kebanggaan masyarakat Situbondo," tuturnya.


ikuti update rmoljatim di google news