DPRD Jatim Berharap Jawa Timur Raih Juara Umum di PON Papua

Koni Jatim
Koni Jatim

DPRD Jawa Timur berharap agar kontingen Jatim bisa meraih juara umum dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua mendatang.


Hal itu dikatakan oleh anggota komisi E DPRD Jatim Mathur Husairi pada Sabtu (9/10).

"Ya kita berharap karena KONI dengan cabor persiapan lama dan bertahun tahun tapi karena Covid 19 ditunda 2021. Disini kita berharap dengan penuh optimis dengan keterbatasan anggaran terakhir kita memberikan Rp 50 miliar dan mudah mudahan  kita bisa menjuarai PON dengan keterbatasan yang ada," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Meski demikian, politisi Partai Bulan Bintang itu memaklumi jika Jatim nantinya hanya meraih juara dua. Pasalnya, pandemi Covid-19 juga menjadi kendala dan mereka sudah bekerja sangat maksimal.

"Kalau di posisi kedua diatasnya Jawa Barat saya pikir ini sudah sangat luar biasa kerja keras jajaran KONI dan para atlit," sambungnya.

Mathur Husairi juga mendukung usulan Jatim untuk menjadi tuan rumah dari PON XII pada tahun 2009 mendatang. Dia meyakini, jika Jatim menjadi tuan rumah akan mendongkrak ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, anggota komisi E DPRD Jawa Timur Basuki Babussalam juga mendukung upaya Jatim menjadi tuan rumah PON XXII.

"Untuk pelaksanaan PON jawa timur maka bukan hanya DPRD Jatim tapi masyarakat Jatim akan sami'na watona dan berbahagia di belakang mendukung gubernur," katanya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu usaha untuk nenjadikan Jatim tuan rumah PON XXII adalah kebijakan yang tepat. Pasalnya, dengan penyelenggaraan itu makan akan mendongkrak ekonomi Jawa Timur kedepan.

"Kalau bu gubernur menginginkan penyelengaraan PON saya kira itu kewajaran. Kita punya masyaraat yang ramah dan industri yabg luar biasa," tambahnya.

Dia juga memuji kinerja KONI Jatim dan Dispora Jatim yang dinilai maksimal dalam mendampingi atlit Jatim yang berlaga di PON Papua.

 Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung mengatakan, Jatim memiliki target untuk menjadi tuan rumah PON XXII pada tahun 2029 mendatang.

"Untuk PON XXI di tahun 2025 mendatang digelar di Medan dan Aceh. Kami berharap PON XXII Jatim jadi tuan rumah," ungkapnya.

Erlangga mengatakan, untuk menjadi tuan rumah even olahraga, haruslah dipersiapkan secara matang.

"Nanti kami akan mengikuti biding (lelang) untuk menjadi tuan rumah. Bu Gubernur berharap Jatim mengikuti biding itu," jelasnya.

Untuk bisa memenuhi target menjadi tuan rumah, kata Erlangga, seharusnya sekarang ini sudah dilakukan penganggaran dan pembangunan sarana dan prasarana untuk cabor yang dipertandingkan.

Dibeberkan oleh Erlangga, dalam mengasah kemampuan atlet, KONI Jatim sudah menerapkan sport science sehingga pembinaan bisa dilakukan maksimal.

"Sport science merupakan sebuah pembinaan olahraga secara terstruktur  dengan menjadikan olahraga sebagai pusat pengetahuan di Jatim," jelasnya.