Bukit Watu Bayang Klangon Madiun Resmi Jadi Tempat Paralayang Porprov 2023

Kabid Kepemudaan dan Keolahragaan Budhi Santoso/RMOLJatim
Kabid Kepemudaan dan Keolahragaan Budhi Santoso/RMOLJatim

Bukit watu bayang desa Klangon kecamatan Saradan kabupaten Madiun, resmi ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan cabang olahraga (Cabor) paralayang pada Porprov VIII 2023.


Awalnya Porprov diselenggarakan di Jombang, Mojokerto dan Sidoarjo. Bahkan, panitia sudah dapat di Jombang tapi saat disurvei tempat di Jombang tersebut ternyata masuk di Nganjuk. Saat di Nganjuk pun ternyata tidak mendukung karena di Nganjuk arah anginnya kurang stabil dan membelakangi punggung saat take off.

"Akhir survei kembali lalu dipilihlah di desa Klangon," ujar Kabid Kepemudaan dan Keolahragaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Budhi Santoso kepada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (4/9). 

Hingga survei dilakukan ke wilayah Kabupaten Madiun di desa Klangon. Ternyata saat disurvei angin di wilayah bukit watu bayang anginnya stabil sepanjang hari.

Budhi menambahkan Bupati juga mengapresiasi, hingga Bupati meminta pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan sarana dan prasarananya.

"Panitia cabor paralayang akhirnya survei ke bukit watu bayang dan ternyata anginnya stabil sepanjang hari. Disamping itu pak Bupati suport agar Madiun bisa menjadi tuan rumah penyelenggara cabor paralayang," ujar Budhi. 

Menurut Budhi, nantinya para atlit paralayang ini akan menginap di rumah rumah penduduk yang telah disulap jadi home stay.

Beberapa sarana semacam kolam renang dan lapak UMKM masyarakat desa setempat mulai dibangun. Pun dengan jalan yang akan digunakan saat menuju take off dan landing sudah disiapkan.