KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Tinjau Vaksinasi di Ponpes Darul Ulum

KSAL saat meninjau vaksinasi di Ponpes Darul Ulum/Ist
KSAL saat meninjau vaksinasi di Ponpes Darul Ulum/Ist

Kabupaten Jombang terus digempur serbuan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya percepatan. Kali ini, serbuan vaksinasi oleh TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Kecamatan Peterongan, Jombang.


Vaksinasi tahap 1 dan II jenis sinovac ini hadiri langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, SE, MM. 

Ia didampingi Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi M.Tr (Han), M.Tr.Opsla, CHRMP dan Panglima Koarmada II Laksanaman Muda TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P,M.Tr(Han).

Turut hadir Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab beserta jajaran Forkopimda Jombang, dan Pengasuh Asrama Queen Al Azhar Ponpes Darul Ulum Jombang, Gus Zahrul Azhar Asumta atau yang kerap di panggil Gus Han.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Ponpes Darul Ulim Jombang merupakan tahap kedua. Yang kedua baru terlaksana sekitar 60 persen. Nanti berikutnya akan terus kita selesaikan sampai 100 persen.

Tadi ada yang masih pertama dari santri baru. Harapan kita semua dapat kita laksanakan," terang KSAL, dalam press conference, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sejauh ini, lanjut Yudo, serbuan vaksinasi terus dilaksanakan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Setelah sejumlah sasaran di pesisir yakni diluar pulau atau pesisir yang sudah terlaksana 100 persen. Sehingga, saat ini pelaksanaan vaksinasi dilakukan di lembaga pendidikan dan pesantren.

Karena sudah masuk pada pembelajaran tatap muka. Sehingga terjadi herd immunity, sehat semuanya, dan proses belajar mengajar di pesantren terlaksana dengan aman dan nyaman. 

"Tentunya para siswa maupun guru, semuanya dapat tervaksin, dapat tercapai herd immunity dan sehat semuanya," ujarnya.

Untuk total vaksinasi, masih kata Yudo, karena sasaran dari awal di daerah pesisir sama di pulau terluar, sehingga diselesaikan awal di pinggiran. Sehingga baru tercapai sekitar 2 juta. Dan belum yang dilaksanakan sendiri. Ada juga yang kita bersama-sama dengan Kemenkes, dengan TNI-Polri setempat.

Laksamana Yudo juga berharap, vaksinasi ini dapat dilaksanakan baik di tengah, maupun di pinggiran dari yang pesisir. Maupun di pulau-pulau terluar dapat kita serbu semuanya untuk melaksanakan vaksinasi.

Sementara, Pengasuh Asrama Queen Al Azhar Ponpes Darul Ulum Jombang, Gus Han mengatakan bahwa vaksinasi di Ponpes Darul Ulum ini sudah mencapai 90 persen untuk vaksinasi pertama. Saat ini, ada 1000 santri, yang 80 persen dari 1000 itu vaksin kedua.

"Total santri Ponpes Darul Ulum yang sudah tervaksinasi sekitar 90 persen. Sedangkan jumlah santri sebanyak 9000. Saat ini, targetnya 1000 dari TNI AL dengan vaksin yang kedua. Sehingga untuk proses belajar mengajar bisa lancar dengan aturan protokol kesehatan," pungkasnya.