Banyak Bangunan Heritage, Jalan Monginsidi Disiapkan Jadi Kampung Pecinan

Desain Jalan Monginsidi Kota Kediri
Desain Jalan Monginsidi Kota Kediri

Rencana penataan dan pembangunan Kawasan pecinan di wilayah Kelurahan Pakelan Kota Kediri didukung penuh ketua LPMK. 


Bahkan, Ketua LPMK sudah membuat desain untuk kawasan di jalan Monginsidi sebagai kawasan Pecinan dan Kampung Kuliner. 

Kelurahan Pakelan Kota Kediri memiliki potensi wisata heritage yang sangat besar. 

Budayawan sekaligus Ketua LPMK Kelurahan Pakelan Hadi Wahyono mengatakan, di kelurahan Pakelan yang memiliki banyak bangunan heritage bisa menjadi daya tarik wisatawan. 

"Kelurahan Pakelan memang memiliki banyak bangunan peninggalan jaman cina. Maka dari itu, konsep untuk pecinan memang kita tonjolkan, biar nuansanya kembali pada jaman dulu," kata Hadi kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (19/10). 

Dalam rancangan yang sudah berbentuk video ini, rencananya kawasan jalan Monginsidi nantinya juga akan dijadikan kawasan pecinan dan Kampung Kuliner, dengan harapan bisa menambah pendapatan perkapita masyarakat, melalui kawasan tersebut. 

Kelurahan Pakelan sendiri banyak bangunan tua yang dulu dikenal sebagai Kampung Pecinan. Nama Pakelan sendiri dalam bahasa Jawa kuno memiliki arti pekerja. Sehingga, Pakelan adalah tempat para pekerja Tionghoa yang dulunya bekerja di pelabuhan Bandar. 

Hadi menambahkan, rencana pembangunan kawasan pecinan ini diharapkan bisa selesai tahun ini dengan dana dari Prodamas. Selain itu ia berharap didukung penuh oleh Pemkot Kediri dan pihak pihak terkait.