SMAK St Agnes Jawarai The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021

The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021/Ist
The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021/Ist

Velecia Giovani, siswa SMAK St Agnes berhasil meraih juara pertama dalam The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021 yang digelar Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Surabaya.


Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang diwakili oleh Cahya Kartika, Kepala Seksi & PKPLK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Surabaya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan MGMP kota Surabaya dengan menggandeng fakultas sastra Unitomo telah berhasil menyelenggarakan event bahasa Inggris dalam rangka inovasi peningkatan penguasaan dan minat berbahasa asing. 

“MGMP Bahasa Inggris Surabaya dan Unitomo sudah sukses menyelenggarakan kegiatan ini. Disamping menarik bagi milenial tentunya mereka (milenial) tertantang untuk menuangkan ide cerita mereka serta mempresentasikan dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Tentu saja melalui pendampingan dan bimbingan guru bahasa inggrisnya. Dan melalui acara ini saya ucapkan selamat kepada para peserta yang telah terjaring di lima besar”, tuturnya melalui pesan singkat via Whatsapp yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (31/10).

Senada dengan Cahya, Rektor Unitomo, Siti Marwiyah, menyatakan rasa bangganya kepada lima peserta yang telah berhasil lolos dalam babak penyisihan dan berharap agar dengan adanya ajang ini bisa menjadi momentum kesuksesan peserta untuk meraih masa depan yang lebih cerah. 

“Untuk mencapai lima besar dalam ajang berbahasa inggris ini adalah sangat sulit karena perlu berlatih public speaking dan memahami secara luas materi presentasi. Untuk itu saya

doakan agar siswa peserta lima besar ini adalah calon orang sukses di masa yang akan datang," ujar rektor yang akrab disapa Iyat.

Sementara itu Theo Gunawan Wahana selaku Ketua MGMP Bahasa Inggris Kota Surabaya mengatakan bahwa penyelenggaraan babak penyisihan kompetisi presentasi bahasa Inggris ini telah di mulai pada awal Oktober lalu dan berharap dari dari hasil lima besar peserta terpilih juaranya. 

“Kompetisi Presentasi dengan menggunakan Bahasa Inggris ini diikuti lebih dari 200 peserta siswa dan siswi SMU, SMK, MA yang berada di wilayah Surabaya. Dari event final ini hasil nyata kerjasama MGMP dengan fakultas sastra Unitomo beserta para juri ini diharapkan akan muncul para juaranya”, terang Theo.

Lebih Lanjut Theo menambahkan “The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021” ini merupakan ajang bergengsi bagi para siswa SMA, karena lomba ini merupakan ajang untuk mengaktualisasikan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris di depan umum.

“Kompetisi ini sekaligus merupakan arena untuk mengembangkan daya nalar serta critical thinking. Kemudian secara tidak langsung melatih keberanian serta memperluas wawasan siswa terutama dalam kemampuan bahasa Inggris. Salah satu yang menjadi faktor penilaian dewan juri adalah para peserta mempersiapkan konten Video dan presentasi yang berkualitas dan disertai data dan fakta di lapangan, menarik perhatian para audiens, interaktif saat presentasi, gestur tubuh serta etika ketika berbicara didepan umum. Maka dari itu saya berharap lomba ini bisa terus berkelanjutan dan semakin banyak menemukan bibit unggul dari para siswa,” papar Theo.

Kompetisi Bahasa Inggris bertema "The Big Five Grand Final Youth Talk Competition 2021" yang diogelar pada Sabtu (30/10), untuk juara dua diraih Shanen Jocelyn dari SMA St.Juara ke-tiga, diraih Kerubin Ramadhan PF dari SMAN 15 Surabaya, juara ke-empat diraih Amelisa Billenda M dari SMAN 13 Surabaya, serta juara ke-lima diraih Anandias Safira siswa SMAN 20 Surabaya.