Raih Standar Internasional, Dirut: PJB Academy akan Jadi Tombak Utama Asah SDM

PJB Academy berhasil mendapatkan pengakuan internasional melalui capaian The International Organization for Standardization (ISO) 21001:2018 dari British Standard Institution (BSI) pada bulan Oktober 2021.


“Melalui ISO 21001 ini PJB Academy akan menjadi salah satu tombak utama dalam mempertahankan sekaligus mengasah kualitas SDM di PJB sesuai dengan standar internasional," kata Direktur Utama PT PJB, Gong Matua Hasibuan, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Senin (1/11).

ISO 21001 berfokus pada interaksi antara organisasi pendidikan seperti PJB Academy, peserta didik yang terdiri dari internal PJB dan, serta pelanggan eksternal lainnya yang memanfaatkan jasa PJB Academy. 

Semua proses pendidikan di PJB Academy semakin berkembang dengan berfokus pada co-creation dimana hubungan tradisional customer-supplier diperbaiki menjadi kemitraan kolaboratif. Standar ini akan memberikan panduan mengenai bagaimana menyampaikan mutu di lingkungan baru yang penuh tantangan

PJB memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun dalam mengelola aneka jenis pembangkit dengan aneka terobosan  baru serta  berbagai penghargaan  di bidang pembangkitan dan memerlukan instansi yang dapat meneruskan asset pengetahuan ini. 

PJB Academy menjadi unit andalan yang dikhususkan dalam pembelajaran dan pendidikan untuk transfer pengetahuan tersebut karena kompetensi sumber daya manusia (SDM) memegang peran penting dalam keberhasilan sebuah perusahaan. PT PJB menawarkan produk penguatan kompetensi dan keahlian SDM di bidang operasi dan pemeliharaan hingga kemampuan engineering bagi perusahaan pembangkitan maupun industri sejenis. 

Diraihnya standarisasi yang melingkupi penyediaan layanan pendidikan unit pembelajaran pada jurusan perencanaan dan pengembangan, pembelajaran teknis, pembelajaran non teknis, keuangan serta administrasi. ISO 21001:2018 ini merupakan standar yang diakui secara internasional untuk dapat menyajikan layanan pembelajaran yang bermutu dan efektif bagi penerima layanan pendidikan. 

Sehingga, Unit PJB Academy dapat memberikan layanan pembelajaran berskala internasional bagi seluruh penerima layanan pembelajaran dengan mempertimbangkan arahan strategis yang telah ditetapkan.

Selain melalui diraihnya ISO 21001:2018, PJB Academy secara berkala telah membangun ekosistem pembelajaran yang mumpuni dan mengarah pada digitalisasi. 

Salah satunya dengan memadukan teknologi terkini pada setiap materi pembelajaran berupa video animasi 3D, virtual reality, micro learning, serta e-learning. Semua ini dilakukan agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah, lebih cepat dipahami, memungkinkan untuk belajar dari mana saja, menghemat biaya, dan lebih  menyenangkan.

Sejak pertama kali diresmikan pada tahun 2016, PJB Academy terus menjadi tolak ukur dalam pembelajaran dan sertifikasi di industri ketenagalistrikan Indonesia. PJB Academy sendiri berkomitmen menjadi strategic learning partner dan core driver terpercaya dalam mengelola pengembangan kompetensi melalui pembelajaran, pelatihan, dan sertifikasi dengan menggunakan corporate strategy pembelajaran yang fokus pada energi listrik.