Wisuda Virtual Unhasy 2021 Dihadiri Menag Yaqut dan Menparekraf Sandiaga Uno

Wisuda Virtual Unhasy 2021 Dihadiri Menag Yaqut dan Menparekraf Sandiaga Uno
Wisuda Virtual Unhasy 2021 Dihadiri Menag Yaqut dan Menparekraf Sandiaga Uno

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri acara wisuda mahasiswa Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang secara virtual, Minggu (31/10).


Unhasy mengukuhkan 586 wisudawan yang terdiri atas lulusan program Strata 1 (S1) atau sarjana sebanyak 519 mahasiswa dan program pasca sarjana atau magister sebanyak 67 mahasiswa.

Acara wisuda berlangsung secara virtual. Kendati demikian, tidak menyurutkan semarak dan semangat para wisudawan dan wisudawati Unhasy tahun 2021. Karena momen wisuda ini telah mereka nanti-nantikan sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menag Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan bahwa Unhasy merupakan perguruan tinggi yang memiliki karakter dan keunggulan karena berada di lingkungan Pesantren Tebuireng.

"Sehingga, Unhasy mampu melahirkan generasi penerus dengan keilmuan agama yang kuat," ujarnya.

Menag juga mengajak para wisudawan untuk menjadi garda terdepan dalam mengimplementasikan ilmunya dalam membantu masyarakat, menjaga NKRI dan Nahdlatul Ulama (NU).

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno  mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh seluruh wisudawan dan wisudawati Unhasy.

"Walaupun masih di tengah kondisi pandemi Covid-19 hal ini justru menjadikan para wisudawan dan wisudawati menjadi angkatan yang sangat spesial," katanya.

Pada momen yang sama, Ketua Yayasan Unhasy, Prof. Dr. H. Imam Suprayogo menyampaikan bahwa Unhasy merupakan universitas berbasis pesantren.

Oleh karena itu tidak hanya melahirkan para lulusan siap kerja dan kaya akan ilmu keterampilan saja. Para mahasiswa juga menerima pendidikan akhlak seperti kehidupan spiritual sebagaimana yang dikembangkan di pesantren pada umumnya.

"Karena itulah saya berkali-kali mengajak para mahasiswa dalam berbagai kesempatan. Ayolah kita kembangkan amalan spiritual keagungan akhlak keluasan ilmu dan kematangan profesional, kaya ilmu dan profesional tidak cukup dalam kehidupan ini, tetapi ilmu dan profesional itu harus didasari oleh spiritualitas dan akhlak yang mulia," ujarnya.

Koordinator Kopertis Wilayah IV Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, dalam sambutannya, berharap agar para wisudawan yang dikukuhkan hari ini mendapatkan ilmu, keterampilan dan juga skill yang bermanfaat.

Ia juga meminta wisudawan dapat turut serta berperan aktif dalam pengamalan maupun pengembangan ilmu pengetahuan, mampu tampil ke depan menjadi pelopor dalam membangun dan membina peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing.

Rektor Unhasy Prof. Dr. H. Haris Supratno menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut serta menyukseskan acara wisuda ini khususnya Menteri Agama RI, K.H. Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno yang berkenan memberikan sambutan dan orasi ilmiah pada acara wisuda ini.