Bupati Kediri Kukuhkan Jajaran Pengurus FKUB

Bupati Kediri, Saat Mengukuhkan FKUB Masa Bakti 2021-2024/Ist
Bupati Kediri, Saat Mengukuhkan FKUB Masa Bakti 2021-2024/Ist

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, mengukuhkan jajaran pengurus baru Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kediri.


Bupati, mengatakan, dalam kerukunan umat beragama harus dibina secara baik dan terus-menerus meskipun ada perbedaan. Bupati mengatakan, yang menjadi tugas dari FKUB 2021-2024 yaitu menjaga kerukunan umat beragama sesuai dengan nama forumnya. 

Perbedaan bisa dijadikan sebuah keindahan, maka harus ada warna yang berbeda. Oleh karena itu, toleransi dan kebersamaan menjadi nilai luhur dalam kebhinekaan. 

"Saya berharap, FKUB ini bisa menjaga pluralisme di Kabupaten Kediri. Segala bentuk konflik keagamaan, bisa diselesaikan oleh FKUB. Tetapi, Pluralisme di Kabupaten Kediri, masih terjaga dengan baik. Sehingga, perlu dijaga lebih baik lagi," Kata Bupati dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Kamis (4/11). 

Terpilih sebagai ketua FKUB 2021-2024 adalah David Fuadi, Wakil ketua satu, H. Suyani, Wakil Ketua 2 Pendeta Yeremia Puryanto. Dengan pelantikan anggota FKUB ini, juga diharapkan nantinya pluralisme di Kabupaten Kediri tetap tumbuh, toleransi antar umat beragama juga terus tumbuh, tidak ada gesekan antara satu agama dengan agama yang lainnya. 

FKUB juga diharapkan bisa menjadi jembatan bagi umat beragama yang ingin membangun tempat ibadah. Baik itu masjid, gereja, wihara dan Pura diharuskan selalu dilengkapi dengan ijin. 

Di saat isu-isu yang sekarang mulai banyak terkait tempat ibadah yang izinnya masih belum lengkap, maka diharapkan FKUB bisa menjadi wadah untuk pembangunan tempat ibadah dan seluruh hal yang berkaitan dengan toleransi dan pluralisme keberagamaan. 

Pengukuhan itu mulai dari Ketua, Wakil Ketua 1 dan 2, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, dan 11 anggota  di Pendopo Panjalu Jayati, Kabupaten Kediri.