Edukasi Taat Berlalu Lintas bagi Tuna Netra, Satlantas Polres Bondowoso Gandeng Pertuni

Pertuni Bondowoso saat menyebrangi jalan raya/ist
Pertuni Bondowoso saat menyebrangi jalan raya/ist

Satlantas Polres Bondowoso menggelar edukasi keselamatan berlalu lintas bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik.


Salah satunya tuna netra dengan menggandeng Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Jawa Timur, pada Rabu (31/1). 

Tampak puluhan orang yang tergabung dalam Pertuni berkumpul di depan Paseban alun-alun Bondowoso atau tepat di depan monumen gerbong mautmaut untuk sosialisasi tongkat. 

Mereka menyebrangi jalan dari trotoar depan paseban menuju trotoar monumen gerbong maut dan juga menyebrangi lampu merah. 

Sementara bagi pengguna jalan lain juga diberi edukasi agar mengutamakan saudara - saudara kita yang tuna netra ini bila menyeberangi jalan agar bisa diutamakan.

Ketua Pertuni Cabang Bondowoso Evi Widowati berharap, kegiatan sosialisasi tongkat bagi tunanetra bisa diterima oleh masyarakat Bondowoso. 

"Terima kasih untuk Kasatlantas Polres Bondowoso dan komunitaa STMJ yang telah memberikan bantuan kepada kami," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Sementara itu Kasat Lantas Polres Bondowoso AKP Zainul Imam Syafi'i mengaku senang dengan sinergitas tersebut, yang mana Pertuni tetap mengutamakan keselamatan di tengah keterbatasan mereka. 

"Mereka yang memiliki keterbatasan saja masih mau taat berlalu lintas, sedangkan yang normal masih saja ugal-ugalan dijalan. Marilah saling mengingatkan satu sama lain untuk keselamatan bersama," tandasnya. 

Satlantas Polres Bondowoso bersama Komunitas Seduluran Tanpa Memandang Jabatan (STMJ) juga menyalurkan santunan dan puluhan sembako kepada Pertuni. 

"Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada semuanya dan komunitas STMJ, semoga menjadi keberkahan bersama," pungkasnya.