Dosen UNESA Beri Pelatihan Pemodelan Struktur Bangunan kepada Guru dan Siswa SMK

Pelatihan pemodelan struktur bangunan/Ist
Pelatihan pemodelan struktur bangunan/Ist

Guna meningkatkan kemampuan para guru dan siswa SMK dalam memanfaatkan software untuk kebutuhan belajar dan pembelajaran, tim dosen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengadakan pelatihan pemodelan struktur bangunan menggunakan software SAP 2000 untuk para guru dan siswa SMK Teknik Bangunan di Ngraho, Kabupaten Bojonegoro. 


SAP2000 merupakan perangkat lunak yang banyak digunakan dalam menganalisa struktur konstruksi. Berkat Cipta Zega, S.Pd., M.Eng., ketua pelaksana menyatakan bahwa pelatihan tersebut diadakan selama tiga hari, 27-29 Oktober 2021 di SMKN Ngraho, Bojonegoro. Pelatihan tersebut, lanjutnya, didasarkan pada kebutuhan para guru dan siswa SMK di lapangan. 

Menurutnya, di sekolah tersebut belum memiliki modul atau tutorial pembelajaran berbasis SAP 2000. Pihak sekolah berharap modul yang sesuai kurikulum yang diajarkan di SMKN Ngraho yaitu pemodelan bangunan sederhana yang meliputi pelat, balok, kolom, dan pondasi bangunan sehingga target pembelajaran dapat tercapai serta bisa dilakukan secara daring maupun secara offline tatap muka dikelas ketika pembelajaran sudah dibuka kembali secara normal dengan memperhatikan situasi pandemi COVID-19 tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, guru melaksanakan pembelajaran menggunakan program SAP2000 hanya sebatas pengetahuan yang didapatkan ketika dulu diperkuliahan, sedangkan sekarang program SAP2000 sudah mengalami pembaharuan terbaru yaitu Versi 22, yang memiliki tampilan yang lebih menarik, pilihan menu yang semakin banyak dan hasil pemodelan yang lebih detail. 

Para guru memang sudah berusaha belajar secara otodidak memanfaatkan video-video tutorial di Youtube. Namun, mereka masih mengalami kesulitan karna tidak diajarkan secara langsung. Guru dan siswa belum mahir dalam menggunakan program SAP2000 versi terbaru sehingga tidak bisa menggunakan secara maksimal saat pembelajaran, khususnya dalam permodelan analisis perencanaan bangunan dari struktur atas sampai struktur bawah. 

Pelatihan itu dikemas dalam bentuk penyampaian teori dan langsung praktek. Pada pertemuan pertama, peserta menerima materi tentang pengenalan software SAP2000 secara umum dan pemanfaatannya. Pada pertemuan kedua yaitu praktek mulai dari tahap instalasi hingga simulasi pemodelan struktur konstruksi. Kemudian pada hari ketiga praktek lanjutan pemodelan struktur konstruksi. 

Dikatakan Berkat Cipta Zega, dia bersama timnya yang terdiri dari Drs. Hasan Dani, M.T., Arik Triarso, S.Pd., MT., dan Anggi Rahmad Zulfikar, S.T., MT., tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga membuat modul atau tutorial langkah-langkah pemodelan struktur menggunakan SAP2000, melakukan simulasi dan pelatihan secara langsung menggunakan komputer kepada guru dan siswa, dan memberikan contoh perencanaan bangunan tinggi kemudian memodelkan di SAP2000. 

Dengan pelatihan itu, dia berharap, baik sekolah maupun guru dan siswa semakin paham dan cakap dalam menggunakan SAP2000 untuk meningkatkan efektivitas belajar baik di dalam kelas maupun di rumah. Selain itu, proses belajar dan pembelajaran di sekolah menjadi lebih menarik dan bervariasi lewat ragam altenatif perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan. 

“Kita inginnya guru dan siswa bisa memanfaatkan teknologi baik dalam bentuk hardware maupun software untuk kebutuhan belajar dan meningkatkan kompetensi,” harapnya.