Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Jember Ajak Masyarakat Berperang Melawan Kebodohan, Kemiskinan dan Pengangguran

Bupati Jember Hendy Siswanto saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan/RMOLJatim

Bupati Jember Hendy Siswanto menghimbau masyarakat untuk menghormati dan meneladani  para pahlawan, yang tulus ikhlas berkorban untuk kemerdekaan Indonesia. Seluruh warga Jember wajib menghormati para pahlawan sama dengan menghormati orang tua kita.


Demikian disampaikan Bupati Hendy saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2021, dengan Thema "Pahlawanku inspirasiku" di Alun-alun Kota Jember, Rabu (10/11). 

"Tidak ada hari ini, tanpa hari kemarin, beliau para pahlawan telah berkorban untuk kemerdekaan,  yang kita rasakan sampai saat ini manfaatnya. Salah satu cara menghormati jasa para pahlawan adalah memberi manfaat yang baik kepada masyarakat dan daerah,  sesuai kemampuan dan masing- masing," kata Bupati Hendy dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

 Dia meminta para pemuda-pemudi Jember untuk bisa mengambil teladan dari para pahlawan, yang memiliki semangat juang tanpa kenal menyerah, sesuai kondisi saat ini. Hari Pahlawan adalah hari istemewa bagi bangsa Indonesia, 76 tahun yang lalu ada semangat juang yang luar biasa menggelora bangsa Indonesia 

untuk mempertahankan kemerdekaan, melepaskan diri dari belenggu penjajah.

Musuh bangsa saat ini bukanlah penjajah, tapi kebodohan dan kemiskinan. Karena itu, kedua hal tersebut, kebodohan dan kemiskinan harus dilawan  bersama, merupakan belenggu penderitaan.

"Melalui hari pahlawan ini , saya mengajak kepada seluruh masyarakat Jember tanpa kecuali untuk menjadi pahlawan-pahlawan baru dengan Kontribusi positif sekecil apapun," katanya. 

"Konteks berperang saat ini, tidaklah mengangkat senjata melawan penjajah, namun berperang untuk mengatasi masalah bangsa, seperti kemiskinan, pengangguran, ketimpangan social, maupun kebencanaan yang kita hadapi saat ini seperti Pandemi Covid-19dengan melaksanakan pembangunan," sambungnya. 

Menurutnya sudah saatnya bersama-sama melawan kemiskinan dan kebodohan, melalui berbagai inovasi pemberdayaan dari para pemuda-pemudi Jember.

"Pemkab Jember siap mendukung ide-ide kreatif dan inovatif untuk kemajuan Kabupaten Jember ke depannya," tandasnya.

Diketahui, sebelum digelar upacara hari Pahlawan 10 Nopember 2021, Bupati dan jajarannya juga melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Jember.