Serahkan Bantuan, Bupati Hendy Temui Warga Terdampak Banjir 

Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi Plt Kepala BPBD, Sigit Budiono/Ist
Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi Plt Kepala BPBD, Sigit Budiono/Ist

Usai melakukan kunjungan kerja ke Jakarta, Bupati Jember Hendy Siswanto langsung memantau penanganan dampak banjir di 7 Desa pada 3 kecamatan di Kabupaten Jember, Jumat (12/11) siang. 


Selain itu dia juga menyambangi warga terdampak banjir dan menyerahkan bantuan dimulai dari Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberbaru. 

"Desa ini (Desa Sumberagung) menjadi langganan banjir bisa 3 sampai 4 kali dalam setahun, akibat penyempitan dan pendangkalan sungai," kata Bupati Hendy dikutip Kantor Berita RMOLJatim didampingi Plt kepala BPBD Jember, Sigit Akbari, Kasat Shabara Polres Jember, AKP Eko Basuki TA, dan unsur TNI. 

Pihaknya menegaskan siap membantu masyarakat untuk mencari jalan keluar dari persoalan banjir tahunan ini. Selain itu bupati juga berjanji untuk berkolaborasi untuk menyampaikan masalah penyempitan dan pendangkalan sungai kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. 

"Mudah-mudahan ini akan segera selesai, ini sudah berpuluh-puluh tahun dan ini resiko tinggi. Kami sama-sama berusaha untuk mendapat bantuan dari pemerintah Provinsi atau pusat," katanya. 

Usai acara di Desa Sumberagung, Bupati bersama rombongannya langsung menuju lokasi terdampak banjir lainnya, yakni di Dusun Pondok Rampal dan Dusun Songgon Pondok Jaya, Kecamatan Semboro. Kunjungan Bupati berakhir di Desa Sidomulyo. 

Sebelumnya, hujan deras mengguyur di sejumlah wilayah Kabupaten Jember dari siang hingga Rabu (10/11) sore, menyebabkan banjir merendam rumah yang dihuni 1.294 kepala keluarga di 7 desa pada 3 kecamatan di Kabupaten Jember.  

Ketujuh Desa itu yakni Desa Manggisan dan Desa Pondok Dalem, Desa Darungan Kecamatan tanggul, Desa Pondok Joyo dan Desa Sidomulyo Kecamatan Semboro serta Desa Kramat Sukoharjo dan Desa Gelang Kecamatan Sumberbaru. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut.