Melalui GOW Bupati Minta Kaum Hawa Wajib Terlibat Membangun Situbondo

Bupati Situbondo, Karna Suswandi memberikan sambutan dihadapan pengurus GOW Situbondo/RMOL Jatim
Bupati Situbondo, Karna Suswandi memberikan sambutan dihadapan pengurus GOW Situbondo/RMOL Jatim

Bukan hanya menjadi tanggungjawab pria, perempuan  juga memiliki kewajiban untuk ikut berperan aktif dalam program pembangunan pemerintah.


Penting peranannya bagi kaum hawa, untuk ambil bagian dalam mengupayakan kemajuan Situbondo. Demikian disampaikan Bupati Situbondo, Karna Suswandi, saat disinggung kaitannya dengan peran serta Gabungan organisasi wanita (GOW) Situbondo.

“Tidak ada pria tidak ada wanita, semuanya memiliki hak dan kewajiban untuk ikut berperan memajukan program pembangunan di Situbondo. Emansipasi perempuan sudah ada sejak RA Kartiuni, dan itu harus kita apresiasi. Kami berharap GOW ini juga menjadi bagian sebagai pelaku pembangunan di Situbondo,” ujar Bupati Karna, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (29/11).

Masih menurut Bung Karna, sapaan akrabnya, tahun 2021 ini tepat sebagai awal kembali dilantiknya kepengurusan GOW periode 2021-2025. Untuk itu dirinya mengintruksikan, agar GOW bisa segera menghimpun dan bersinergi dengan berbagai program pemerintah, sehingga dapat membantu memajukan Kabupaten Situbondo. Yakni dengan berbagai kreatifitas dan inovasi.

“Kalau sinergitas terjalin dengan baik, maka berbagai program pemerintah akan cepat tersosialisasikan ke masyarakat Situbondo. Dan wanita itu saya yakini mampu bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat, ketika melakukan pengawalan program pemerintah. Kalau pria itu kadang tidak telaten, berbeda dengan wanita. Mereka lebih mampu melakukan pendekatan kepada masyarakat,” ucapnya dengan nada bercanda.

Informasi lain yang diperoleh Kantor Berita RMOL Jatim, seperti sebelumnya, Ketua Umum GOW diemban oleh Hj Khoirani, yang sekaligus sebagai Wakil Bupati. Ditemui di ruang kerjanya, Khoirani menyampaikan, bahwa GOW Situbondo selama ini sudah berjalan dengan baik, namun kedepannya diharapkan agar lebih baik lagi dan harus ada peningkatan. Ia mengajak kepada seluruh pengurus GOW yang baru, dalam waktu dekat untuk melakukan musyawarah bersama, dalam rangka menentukan dan merencanakan program yang bertujuan untuk mempercepat gerak dan kemajuan organisasi.

“Saya juga mengajak segenap organisasi yang tergabung di GOW agar secara terus menerus menjalin komunikasi dan kerja-sama yang harmonis. Yaitu demi terwujudnya rencana program dan cita-cita sesuai visi misi GOW Situbondo. Perempuan juga memiliki peran sangat penting dalam proses pembangunan di Situbondo,” ucap wanita yang pernah menjadi anggota DPRD Situbondo tersebut.