Pengamat: Erick Thohir Ingin Dikenal Sebagai Sosok yang Peduli

Menteri BUMN Erick Thohir/Net
Menteri BUMN Erick Thohir/Net

Langkah-langkah Menteri BUMN Erick Thohir belakangan ini menjadi sorotan. Mulai dari mengakui di internal BUMN terdapat jual beli jabatan hingga meminta agar seluruh toilet di SPBU Pertamina digratiskan.


Menurut pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga, apa yang dilakukan oleh Erick Thohir ini merupakan upaya penegasan Erick sebagai sosok yang bersih.

“Erick Thohir ingin menegaskan bahwa dirinya sosok yang bersih. Ia bukan sosok yang menyukai jual beli jabatan, apalagi korupsi di BUMN. Ia juga ingin dinilai sebagai sosok yang peduli dengan semua lapisan masyarakat. Dengan toilet di SPBU gratis, Erick ingin dikesankan sosok yang tidak memberatkan masyarakat,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (30/11).

Karena itu, kata Jamil, pernyataan Erick Thohir itu dapat dimaknai sebagai pencitraan untuk Pilpres 2024. Erick ingin menyatakan, dirinya sosok yang bersih yang layak dicalonkan dan dipilih pada Pilpres 2024.

“Jadi, Erich Thohir ingin memanfaatkan psikologis masyarakat yang gandrung pada sosok yang bersih dari KKN. Tampaknya pernyataan senada itu akan terus dilakukan Erick Thohir untuk mencitrakan dirinya sosok bersih,” tandas Jamiluddin.