Gunung Dempo Bakal Dilengkapi Kereta Gantung

Suasana rapat pemaparan rencana pembangunan kereta gantung di Gunung Dempo/Ist
Suasana rapat pemaparan rencana pembangunan kereta gantung di Gunung Dempo/Ist

Salah satu wisata alam andalan Sumatera Selatan yakni Gunung Dempo bakal dilengkapi dengan fasilitas kereta gantung.


Pembangunan kereta gantung di kawasan Perkebunan Teh Gunung Dempo tersebut diketahui dari rapat paparan studi kelayakan rencana pembangunan kereta gantung yang dilakukan PT Metaforma Consultants yang diikuti sejumlah OPD dan dipimpin Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni di Ruang Rapat Besemah Tige Setdako Pagar Alam, Rabu (1/12).

“Kita sangat mengapresiasi rencana tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait atas kerja kerasnya. Harapannya, ini merupakan langkah awal yang baik pada rencana pembangunan kereta gantung di Kawasan Perkebunan Teh Gunung Dempo dalam upaya meningkatkan pariwisata di Kota Pagar Alam,” kata Wali Kota, dilansir dari Kantor Berita RMOLSumsel, Kamis (2/12).

Wali Kota menambahkan, karena pembangunan ini akan melibatkan lahan perkebunan teh PTPN VII dan hutan lindung, sehingga Wali Kota meminta kepada konsultan dan dinas terkait untuk berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak PTPN VII, KPH X Dempo dan Dinas Perizinan terkait dengan rencana pembangunan kereta gantung tersebut.

Dari pemaparan tersebut diketahui ada 3 jalur kereta gantung yang akan dibangun yang menghubungkan sejumlah titik wisata yakni, Tangga 2001 ke Dempo Park, Dempo Park ke Tugu Rimau, dan Tugu Rimau ke Puncak Gunung Dempo.