Upaya Bupati Jombang atas Pelayanan Publik Yang Ramah Disabilitas

Audiensi Bupati dan penyandang Dldisabilitas/Ist
Audiensi Bupati dan penyandang Dldisabilitas/Ist

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021, Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengadakan audiensi dengan para penyandang disabilitas di ruang Swagata, Pendopo, Pemkab Jombang.


Bupati Jombang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu dan memberikan ruang kepeduliaan dalam membersamai saudara-saudara yang berkebutuhan khusus tersebut.

"Marilah kita jadikan peringatan ini sebagai momentum bagi kita semua untuk lebih peduli kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas," kata Mundjidah Wahab, Jumat (3/12).

Bupati Mundjidah menyampaikan akan memberikan ruang kepada para penyandang disabilitas. Dimana setiap ruang dan tempat atau perkantoran pelayanan publik pemerintah terdapat sarana pra sarana yang ramah aksesibilitas.

"Saya berharap agar seluruh perkantoran, dunia usaha, dan pelayanan publik, memiliki sarana prasarana yang ramah pada aksesibilitas. Mari kita saling bahu membahu bergandeng tangan mewujudkan semua itu," ujarnya.

Pemkab Jombang sejak Tahun Anggaran 2021 melalui Anggaran Berkadang 200 juta, Desa bisa mengalokasikan anggaran untuk membantu Penyandang Disabilitas berupa alat bantu baik kursi roda, kruk maupun alat dengar.

Khusus dalam rangka Hari Disabilitas ini Pemkab Jombang melalui APBD memberikan santunan untuk 900 lebih penyandang disabilitas masing-masing senilai Rp 200.000 yang akan disalurkan pertengahan bulan Desember ini.

Sementara, Pendamping Para Disabilitas, Gus Faizudim Fil Muntaqobat mengapresiasi langkah dan upaya pemerimtah kabupaten Jombang yang telah memberikan ruang hak yang sama terhadap para penyandang Disabilitas tersebut. Terlebih, dengan alokasi anggaran melalui Program Berkadang.

"Kami berterima kasih atas bantuan dan kemudahan yang telah diberikan oleh Ibu Bupati Hj Mundjidah Wahab. Insyaalloh, kami akan terus mengawal program itu sebagaimana fungsinya," tutur Gus Faiz, panggilan akrabnya yang juga Ketua DPD LBHAM Jombang.