Kunjungi Yunani, Paus Fransiskus Soroti Penderitaan Pengungsi

Paus Fransiskus tiba di Yunani/Net
Paus Fransiskus tiba di Yunani/Net

Yunani mendapat kunjungan kehormatan dari Paus Fransiskus. Media lokal mengabarkan, Paus Fransiskus telah tiba di Athena, Yunani, pada Sabtu (4/12) dengan didampingi beberapa orang dalam rombongannya.


Paus terbang dari Siprus setelah dua hari berada di sana. Ia disambut oleh Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias dan pejabat senior dari komunitas Katolik Yunani di Bandara Athena Yunani.  

Kunjungan Paus kali ini adalah untuk meningkatkan hubungan dengan Gereja Ortodoks Yunani dan menyoroti penderitaan para pengungsi. Yunani telah lama menjadi titik masuk utama ke Uni Eropa bagi para pencari suaka yang melarikan diri dari perang dan tanah air yang dilanda kemiskinan di Timur Tengah, Asia dan Afrika.

Paus Fransiskus sedang berusaha untuk memperbaiki hubungan yang sulit secara historis dengan Gereja Ortodoks sambil juga menyoroti penderitaan ribuan pengungsi dan pencari suaka di Yunani.

"Saya sangat ingin bertemu dengan Anda semua, semua, tidak hanya umat Katolik, tetapi Anda semua," kata Paus.

Paus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou, Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis dan kepala Gereja Yunani Uskup Agung Ieronymos. Setelah itu, ia dijadwalkan mengunjungi anggota komunitas Katolik kecil Yunani.

"Kehadiran Bapa Suci di Yunani merupakan dorongan bagi kami... Umat Katolik di Yunani harus memanfaatkannya," kata Markos Foscolos, pastor paroki St Nicholas di pulau Tinos, kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters.

Jumlah umat Katolik telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dengan antara 50.000 dan 60.000 umat Katolik setempat bergabung dengan 250.000 lainnya dari Filipina, Polandia dan negara-negara Afrika.

Hubungan Vatikan dengan Gereja Yunani jauh lebih baik daripada sebelum kunjungan John Paul, Pierre Salembier, kepala komunitas Katolik Yesuit di Yunani, lapor AFP.

Paus pertama yang menginjakkan kaki di Yunani adalah Paus Yohanes Paulus II. Ia datang ke Yunani pada Mei 2001, itu adalah pertama kalinya seorang pemimpin Katolik Roma mengunjungi negara itu sejak Skisma Besar tahun 1054 yang membagi Kekristenan menjadi cabang-cabang Timur dan Barat.