Disparpora Bondowoso Lirik Bukit Pandawa Ninggil Untuk Obyek Wisata

Bukit Ninggil saat dipadati pengunjung/ist
Bukit Ninggil saat dipadati pengunjung/ist

Jalan bertebing atau yang biasa warga Botolinggo Bondowoso menyebut bukit Ninggil dilirik Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) untuk bisa jadi tempat wisata.


Kemungkinan tersebut mengingat tempat tersebut mirip tebing di pantai Pandawa yang menjadi salah satu ikon wisata di Bali.

Kepala Disparpora Bondowoso, Mulyadi, menyebut telah meninjau ke lokasi. Diakuinya tebing berbatu yang disebut oleh warga sekitar 'Pandawa Ninggil' itu memang memiliki pemandangan yang menarik. 

"Memang viewnya sangat bagus. Banyak spot unik untuk mengambil foto," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa, (7/12).

Dikatakannya, pihaknya sudah melakukan assessment awal lokasi tersebut. Hasilnya akan dijadikan pertimbangan untuk pengembangan, termasuk mulai melakukan koordinasi dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat yang nantinya akan menjadi pengelola. 

Hingga saat ini Disparpora belum bisa melakukan tindakan. Sebab, status lokasi tersebut memang masih sebatas jalan umum.

"Ke depan akan kami koordinasikan dengan kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat apabila ada niatan pengelolaan, sehingga terorganisir,” sambungnya.

Mulyadi mengungkapkan, bahwa Kecamatan Botolinggo tak hanya menyimpan keindahan Pandawa Ninggil. Melainkan juga memiliki wisata peninggalan pra sejarah seperti Gou Buto. 

"Kalau sudah jadi lokasi wisata yang jelas akan kami lakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Mulai dari perhubungan, kepolisian, dan satpol PP,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, pasca diberitakan sejumlah media jalan bertebing di dusun Ninggil tersebut sempat di padati pengunjung hingga membuat kemacetan dan terjadi kerumunan.