Ilmuwan Hong Kong Rilis Penampakan Varian Omicron

Foto varian Omicron yang diambil menggunakan mikroskop elektron oleh para ilmuwan di Universitas Hong Kong/Ist
Foto varian Omicron yang diambil menggunakan mikroskop elektron oleh para ilmuwan di Universitas Hong Kong/Ist

Universitas Hong Kong telah merilis foto asli dari varian baru virus corona Omicron yang diperoleh menggunakan mikroskop elektron.


Foto tersebut diambil dari sampel sel ginjal monyet (Vero E6) yang telah terinfeksi varian Omicron. Para ilmuwan, termasuk ahli patologi dan ahli virologi kemudian menganalisis dan merilis foto tersebut.

Pada pembesaran rendah, foto terlihat menunjukkan kerusakan sel pada vesikel bengkak yang mengandung partikel virus hitam kecil. Sementara pada pembesaran besar tampak kumpulan partikel virus dengan paku berbentuk corona di permukaannya.

Menurut laporan, para peneliti dari Departemen Mikrobiologi di Universitas Hong kong telah berhasil mengisolasi varian Omicron dari sampel klinis, yang akan memungkinkan untuk pengembangan dan produksi vaksin khusus untuk varian tersebut.

Varian Omicron pertama kali terdeteksi pada 24 November di Afrika Selatan. Varian tersebut mengandung 32 mutasi, lebih banyak daripada semua varian SARS-CoV-2 yang telah ditemukan sebelumnya.

Pada 26 November, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggelar pertemuan darurat dan memasukkan Omicron ke dalam daftar varian yang perlu mendapatkan perhatian.


ikuti update rmoljatim di google news