Astana Salurkan Bantuan Korban APG Semeru

Astana peduli kotban Semeru / ist
Astana peduli kotban Semeru / ist

Aksi Santri Tanggap Bencana (Astana), organisasi yang diinisiasi  putra Wakil Presiden Republik Indonesia, Gus Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin berpartisipasi dalam penanganan gizi anak, ibu hamil dan ibu menyusui terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.


"Donasi yang disalurkan merupakan bentuk kepedulian dan dukungan Gus Ahmad Syauqi dan Astana yang diberikan kepada masyarakat khususnya warga terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru," kata CSO Astana Muhammad Makhlad, melakui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Senin (13/12).

Saya, sambung Muhammad Makhlad, mewakili Gus Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin dan Astana mengucapkan turut prihatin atas bencana APG Gunung Semeru yang terjadi hingga mengakibatkan sejumlah korban jiwa dan warga terdampak. 

"Untuk itu Astana terus mendukung kebutuhan pemerintah dan juga masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru yang saat ini sangat memerlukan pertolongan terkait dengan kesehatan gizi. Karenanya sesuai core value Kami Astana for life, melalui BNPB, turut berpartisipasi mendonasikan sejumlah Vitamin dan Suplemen,” tutur putra Wakil Presiden Republik Indonesia, Gus Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin.

Dalam kegiatan ini, Astana berpartisipasi dalam penanganan gizi anak, ibu hamil dan ibu menyusui terdampak APG Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. 

Korban bencana Awan Panas Guguran Gunung Semeru masih butuh bantuan semua pihak. Gotong-royong seluruh masyarakat terus bergulir membantu para korban.

Menurut data BPNP pada 9 Desember 2021, warga terdampak erupsi Gunung Semeru mencapai 6.022 jiwa yang tersebar di 115 titik, sementara korban jiwa mencapai 39 orang dan sebanyak 13 orang hilang.

Donasi secara langsung diberikan oleh organisasi Astana Bank DKI dan PT. Karniel di Pos SRPB Desa Supiturang, Kecamatan Prinojiwo, Kabupaten Lumajang.

Sumbangan berupa Vitamin Hydrokyoot dan Hydromamma untuk anak agar kondisi anak – anak terdampak APG Gunung Semeru ini tetap terjaga dalam asupan vitamin dan tetap memperoleh gizi yang baik di Posko Tanggap Darurat Bencana APG Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu, 8 Desember 2021.