Luhut: Kasus Aktif dan Jumlah Rawat Inap di Jawa dan Bali Terus Alami Penurunan

MenkoMarvest sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan/Repro
MenkoMarvest sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan/Repro

Pemerintah menyampaikan kondisi terkini pandemi Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali dalam kurun waktu sepekan terakhir. Hasilnya, pandemi di Indonesia menunjukkan tren yang cukup stabil.


Hal itu disampaikan Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam jumpa media secara virtual bersama Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Senin (13/12).

Luhut menyampaikan, kasus Covid-19 di Indonesia terutama Pulau Jawa dan Bali masih terjaga dalam tingkat rendah.

"Saat ini pula angka kasus konfirmasi masih terus dapat dijaga, dan penurunannya masih di angka 99 persen sejak puncak kasus pada bulan Juli lalu," ujar Luhut dalam siaran langsung kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) ini juga menyebutkan bahwa kasus aktif dan jumlah pasien rawat inap di Jawa-Bali terus mengalami penurunan.

Pasalnya berdasarkan hasil asesmen sejak 11 Desember hingga 13 Desember 2021, tercatat hanya 10 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali masuk pada Level 3, atau 7,8 persen dari total seluruh 128 kabupaten/kota.

"Terdapat juga 13 kabupaten/kota yang masuk ke dalam Level 1. Namun, terdapat 4 Kabupaten/Kota yang naik ke Level 2. Detail mengenai informasi ini akan disampaikan melalui Inmendagri yang akan berlaku selama tiga minggu ke depan," demikian Luhut.