Airlangga Diduetkan dengan Siapapun Tetap Berpeluang Menang 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ist
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ist

Dalam rangka mengukur suara publik, Citra Network Nasional (CNN) kembali melakukan survei sosok calon presiden (Capres) 2024.  Sejumlah simulasi pun disodorkan kepada responden dalam survei yang dilakukan pada 27 Desember 2022-9 Januari 2023.


Dari simulasi tokoh bakal capres dengan pasangan bakal cawapresnya yang diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), PDI Perjuangan, Gerindra-PKB, dan Nasdem-PKS-Demokrat, jika pilpres digelar hari ini maka pilihan responden jatuh kepada pasangan Airlangga Hartarto-Moeldoko dengan angka 30,2 persen.

Lalu pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 22,2 persen; Puan Maharani-Ganjar Pranowo 21,2 persen; Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 12,6 persen; dan tidak memilih sebanyak 13,8 persen.

Responden kemudian disodorkan simulasi pasangan capres-cawapres lain. Hasilnya, pasangan Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil dipilih sebanyak 27,6 persen. Sedangkan Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa dipilih oleh 27,3 persen.

"Pasangan Ganjar Pranowo-Puan Maharani dipilih sebanyak 23,7 persen sedangkan pasangan Anies Baswedan-Ahmad Heryawan dipilih sebanyak 14,7 persen, dan yang tidak memilih sebanyak  6,7 persen," ujar Direktur Eksekutif Citra Network Nasional (CNN), Muhammad Dandy, dalam keterangannya dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Senin (16/1).  

Selain itu, untuk simulasi tiga pasang capres-cawapres dari inner circle Jokowi berupa pasangan tokoh militer-sipil, jika pilpres digelar hari maka pasangan Airlangga Hartarto-Moeldoko memiliki tingkat keterpilihan tertinggi sebanyak 36,8 persen.

Kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Andika Perkasa mendapat 30,7 persen, Prabowo Subianto-Erick Thohir dipilih sebanyak 19,6 persen; dan tidak memilih sebanyak 12,9 persen.

Sampel dalam survei ini mengunakan Metode Multistage Random Sampling dengan jumlah sample 2200 Warga Negara Indonesia yang sudah berusia diatas 17 tahun dan tersebar di 34 Provinsi. Hasil Survei ini memiliki Margin Of Error +/- 2.08 dengan Confidence level 95 persen.