SMKN 1 Mejayan Ditetapkan Sebagai SMK Pusat Keunggulan

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun Supardi (depan) didampingi kepala sekolah SMKN 1Mejayan Suharto (baju hijau) saat tinjau gedung SMKN 1 Mejayan/RMOLJatim
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun Supardi (depan) didampingi kepala sekolah SMKN 1Mejayan Suharto (baju hijau) saat tinjau gedung SMKN 1 Mejayan/RMOLJatim

SMKN 1 Mejayan ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK). Penetapan tersebut berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22/D/O/2021. Dengan ketetapan tersebut maka SMKN 1 Mejayan satu-satunya SMK di Madiun yang masuk dalam program SMK Pusat Keunggulan.


Kepala Sekolah SMKN 1 Mejayan Suharto menjelaskan, pencapaian proses menjadi SMK Pusat Keunggulan tersebut sangat panjang. 

SMKN 1 Mejayan harus bersaing dengan 2000 SMK lain dari seluruh wilayah Indonesia, dari jumlah tersebut hanya diambil 900 SMK untuk ditetapkan mengikuti program SMK Pusat Keunggulan dan SMKN 1 Mejayan termasuk di dalamnya dan satu-satunya dari Kabupaten Madiun.

"Prosesnya memang cukup panjang, mulai dari tes awal dilaksanakan oleh Universitas Gadjah Mada, ada beberapa item tes. Setelah lulus kita diikutkan Diklat di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya selama dua bulan. Setelah itu kita diwajibkan presentasi di Direktorat Vokasi, disana ada penilaian terkait apa yang kita kerjakan dan disitu kita ditentukan lulus dan tidaknya," jelas Suharto kepada Kantor Berita RMOLJatim di Madiun, Kamis (16/12).

Suharto juga mengatakan, pencapaian menjadi SMK Pusat Keunggulan ini dukungan dari semua pihak. Tidak sampai disitu juga Suharto menambahkan SMKN 1 Mejayan nantinya bisa menjadi rujukan bagi SMK lainnya.

"Pencapaian ini berkat dukungan semua pihak, untuk kedepan disini nanti bisa jadi rujukan SMK lain di wilayah kabupaten Madiun," kata Suharto.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun Supardi, mengapresiasi keberhasilan SMKN 1 Mejayan menjadi SMK PK. Dirinya menitip pesan agar kedepan diharapkan pembelajaran semakin baik, pengajarnya juga meningkatkan kualitas SDM agar bisa memberikan bekal ilmu yang cukup agar anak didiknya setelah lulus bisa siap dengan dunia kerja dan wirausaha.

"Saya apresiasi atas pencapaian keberhasilan SMKN 1 Mejayan menjadi SMK PK, SMK PK ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembelajaran harus semakin baik, bapak ibu pengajarnya juga meningkatkan kualitas agar bisa memberi bekal yang cukup untuk anak didiknya," pungkas Supardi usai meresmikan gedung Bisnis Center si SMKN 1 Mejayan Madiun.