Presiden Jokowi Resmikan Pasar Besar Ngawi

Presiden Jokowi usai menunaikan ibadah Sholat Jum'at di Masjid Baiturrahman Ngawi/RMOLJatim
Presiden Jokowi usai menunaikan ibadah Sholat Jum'at di Masjid Baiturrahman Ngawi/RMOLJatim

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Besar Ngawi di Jalan Sultan Agung pada Jum'at, (17/12).


Selain Presiden Jokowi, pejabat yang hadir pada peresmian pasar tersebut antara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Basuki Hadimuljono Menteri PUPR dan Bupati Ngawi Ony Anwar. 

"Peresmian pasar memang langsung dilakukan Bapak Presiden Jokowi. Tentu harapanya dengan keberadaan pasar ini bisa menjadi pusat ekonomi warga masyarakat Ngawi," terang Ony Anwar Bupati Ngawi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Pasar Besar Ngawi sendiri mulai direnovasi pada awal Desember 2020.

Pembangunan pasar tersebut dilakukan oleh rekanan pelaksana PT PP Urban dengan konsep Bangunan Gedung Hijau dan penataan modern yang bersumber dari APBN 2020 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) dengan waktu 12 bulan.

Adapun, awalnya proyek tersebut akan berakhir pada Rabu tanggal 15 Desember 2021 dengan alokasi dana sebesar Rp 73,4 miliar. 

Hanya saja dalam perjalanan waktu pengerjaanya, rekanan mengajukan empat kali addendum kontrak kerja hingga akhirnya nilai kontrak menjadi Rp 80,2 miliar dan diperpanjang hingga 31 Desember 2021.

"Setelah meresmikan pasar Bapak Presiden Jokowi juga launching bibit buah unggulan serta memberi bantuan modal kepada PKL," beber Ony Anwar.