Duet Andika Perkasa-Puan Maharani Muncul Karena Rakyat Bosan dengan Figur Itu Lagi-Itu Lagi

Andika Perkasa/net
Andika Perkasa/net

Duet Andika Perkasa-Puan Maharani yang turut ramai diperbincangkan jelang Pilpres 2024 dinilai masih sebatas wacana. Keduanya sama seperti duet-duet kandidat lain yang masih belum pasti untuk masuk dalam bursa pencalonan.


"Semua masih wacana. Dan semua masih dihubung-hubungkan saja,” kata pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (19/12).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini menilai bahwa nama Andika Perkasa muncul karena jabatan yang diemban sekarang sangat vital, yaitu sebagai panglima TNI.

Dalam waktu dekat, Andika Perkasa juga akan segera mengakhiri jabatan tersebut. Karirnya diprediksi akan dilanjutkan ke jalur pilpres.

"Wajar jika Andhika muncul. Dia sedang menjabat sebagai Panglima TNI. Soal cocok dipasang dengan Puan itu bagian dari dinamika politik menghubung-hubungkan saja,” katanya.

Di satu sisi, Ujang menilai bahwa Andika maupun Puan Maharani harus terlebih dahulu menaikkan elektabilitas mereka sebelum menyatakan diri maju Pilpres 2024. Sebab untuk menjadi pasangan, keduanya masih dihadapkan pada tingkat keterpilihan yang sama-sama minim di masyarakat.

Peluang untuk Andika Perkasa muncul lantaran masyarakat sudah bosan melihat calon presiden dan wakil presiden yang itu-itu saja.

"Yang melatarbelakangi munculnya pasangan tersebut, karena masyarakat butuh figur baru. Karena selama ini yang muncul itu lagi, itu lagi,” tutupnya.