PKB Sodorkan Kader Internal Untuk Diusung Di Pilgub Jatim 2024

Ubaidillah /ist
Ubaidillah /ist

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Bangsa Jawa Timur menyodorkan dua kader internalnya untuk diusung PKB sebagai Calon Gubernur Jatim di Pilgub Jawa Timur 2024. Dua orang tersebut adalah mantan bupati Lumajang Thoriqul Haq dan mantan bupati Pamekasan Badrut Tamam.  


Ketua Garda Bangsa Jawa Timur Ubaidillah mengatakan dua tokoh garda bangsa Jawa Timur adalah tokoh di Jawa Timur yang sudah berpengalaman di pemerintahan maupun di legislatif.

"Kami punya stok melimpah, salah satunya Thoriqul Haq yang merupakan salah satu dewan pembina Garda Bangsa Jawa Timur. Begitu juga Badrut Tamam, " jelas pria yang juga anggota DPRD Jawa Timur, selasa 23 April 2024.

Ubaidillah mengatakan Garda Bangsa Jawa Timur berharap para senior yang saat ini di PKB bisa mempunyai kesempatan untuk maju sebagai calon gubernur jatim di pilgub Jawa Timur.

"Garda Bangsa Jawa Timur merupakan salah satu badan otonom (banom) dari PKB yang turut juga memenangkan PKB di pileg Jawa Timur sudah selayaknya kader garda bangsa dilirik untuk di pilgub Jawa Timur, " jelasnya.

Menurut dia, PKB sebagai parpol pemenang pemilu di Jawa Timur, untuk pilgub tentunya bisa mengusung calon sendiri dan pihaknya berharap kader internal diprioritaskan.

"PKB punya golden tiket sendiri sehingga kami sangat berharap kader garda bangsa direkomendasi diusung PKB di pilgub," jelasnya.

Ubaidillah optimis kader garda bangsa yang disiapkan untuk diusung PKB di pilgub, sangat mumpuni dan mampu bersaing dengan petahana Khofifah Indar Parawansa.

"Kompetisi di dunia politik itu sudah biasa dan garda bangsa Jawa Timur dengan seluruh instrumen mulai tingkat wilayah hingga ranting sudah siap mengerahkan mesin untuk memenangkan cagub yang diusung PKB," terangnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai membuka pendaftaran untuk menyiapkan kandidat calon Gubernur Jatim pada Pilgub Jatim 2024. PKB menyebut seleksi ini terbuka kepada siapa saja, termasuk calon petahana sekalipun. 

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah menjelaskan, pendaftaran ini menjadi tindak-lanjut setelah beberapa hari lalu Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar melaunching tahapan penjaringan untuk Pilkada serentak 2024.

Menurut Anik, PKB Jatim tidak akan membatasi siapapun yang ingin maju Pilgub melalui seleksi yang dilakukan partainya. Bahkan, untuk calon petahana Pilgub Jatim juga dipersilakan mendaftar sebagaimana mekanisme untuk mendapat rekomendasi PKB.