Irjen Kemenkumham Tinjau Lapas Bondowoso

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) mendapat kunjungan dari perwakilan dari kementerian hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Rabu (12/1).


Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham, Ir. Razilu, MS.i hadir ke Bondowoso dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) ke Lapas Kelas II B Bondowoso, Rabu (12/1/2022). 

Razilu mengatakan, tujuannya ke Bondowoso yaitu, untuk melakukan survei dan pemantauan sejumlah pelayanan yang ada di Lapas Kelas II B Bondowoso. 

" Saya ingin melihat seperti apa pelayanan Lapas disini," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim Rabu (12/1).

Ditambahkannya, Lapas di Kota Tape, Bondowoso menjadi zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih melayani.

" Lapas Kelas II B Bondowoso saat ini belum WBK, maka akan kita dorong untuk jadi zona integritas," tegasnya.

Lebih lanjut, Razilu menyampaikan, dirinya sempat mengunjungi warga binaan di Lapas Kelas II Bondowoso. Dia ingin melihat keterampilan dan keahlian dari yang dimiliki mereka. 

" Kami tadi sempat menemui warga binaan dan sempat ngobrol," tuturnya.

Lebih jauh, Razilu menekankan, kepada pihak Lapas Kelas II Bondowoso untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. Seperti korupsi dan pungli. "Saya juga ingin anda (pihak Lapas Kelas II Bondowoso -red) memberikan pelayanan terbaik dan tolong ditambah ya variasi kegiatan warga binaan," bebernya.

Razilu juga berpesan, kepada warga binaan untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas II Bondowoso tersebut. Dan selalu mengikuti kegiatan yang sudah di perintahkan. 

"Jangan sampai ada keributan maupun gangguan lainnya yang dapat menggangu ketenangan warga binaan di Lapas ini," pungkasnya.

Diakhir kegiatan, Razilu meminta, kepada petugas Lapas Kelas II Bondowoso untuk menjaga kebersihan dapur tahanan. Sehingga makanan yang disajikan untuk mereka selalu dalam keadaan higenis.

"Saya lupa belum cek dapur, tapi saya konfirmasi kalau sudah ada sertifikasi higenis dari Dinas Kesehatan,"pungkasnya.